Sukses

Kawasan Rawan Bencana Gunung Api Soputan

Salah satu pemahaman yang harus kita punya adalah informasi kawasan rawan bencana gunung api Soputan apabila gunung api ini terus menunjukka

Citizen6, Jakarta Selasa, 3 Februari 2015, Gunung Api Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, memuntahkan lava pijar. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PBMBG) mencatat bahwa gunung api Soputan ini termasuk dalam gunung api jenis Strata tipe A.

Dibandingikan dengan gunung api lain yang terdapat di provinsi Sulawesi Utara, gunung api Soputan termasuk gunung api yang sering “bangun” dan menunjukkan “taringnya”. Karena keganasan gunung api ini, sudah seharusnya kita memahami gunung api tersebut dengan baik.

Salah satu pemahaman yang harus kita punya adalah informasi kawasan rawan bencana gunung api Soputan apabila gunung api ini terus menunjukkan ”taringnya’.

Gunung api Soputan memiliki tiga tingkatan kawasan rawan bencana yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menyelamatkan diri. Peta kawasan rawan bencana ini dibuat oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Seperti apa peta tersebut, mari kita lihat.

Selengkapnya

Pengirim:

Ibny Rusydy

Twitter: @melek_bencana

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini