Sukses

7 Tempat Misterius di Jakarta

Jakarta tak selamanya gemerlap, ada sudut-sudut kelamnya yang menyimpan misteri.

Citizen6, Jakarta Jakarta yang megah dulunya hanya berupa kampung-kampung kecil. Kini banyak gedung pencakar langit yang bermunculan di Jakarta. Meski menawarkan gemerlap kota besar, Jakarta tak luput dari cerita-cerita menyeramkan. Ada beberapa tempat misterius di Jakarta yang membuat bulu kuduk merinding. Berikut tempat-tempat tersebut.

1. Yogya Departemen Store, Klender

Gedung yang satu ini pernah menjadi saksi tragedi Mei 1998. Saat kerusuhan tersebut, beberapa orang yang tak berani keluar karena takut dikeroyok massa atau diperkosa, bertahan di dalam gedung. Mereka pun mencoba mencari jalan keluar lewat pintu belakang. Ternyata pintu belakang telah ditutup. Maka orang-orang tersebut terjebak api yang membakar gedung dan ikut terbakar bersama gedung.

Sejak itu, meskipun telah direnovasi dan diresmikan kembali, sering ada kejadian aneh yang dialami pembeli. Sering terlihat orang-orang berseragam pegawai departemen store yang menunggu angkutan tengah malam lalu menghilang begitu saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

2. Lintasan Kereta Api Bintaro

Oktober 1987 terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa banyak orang di tempat ini. Kecelakaan naas yang disebut Tragedi Bintaro tersebut membuat tempat ini angker. Masyarakat maupun orang-orang yang melintas di tempat ini sering diganggu makhluk-makhluk yang tak jelas wujudnya. Kadang ada yang mengaku melihat potongan kepala, orang dengan tubuh luka-luka dan baju compang-camping, maupun suara-suara rintihan. Diyakini mereka merupakan arwah korban tragedy tersebut.

3. Depo Kereta Api Stasiun Manggarai

Stasiun Kereta Api Manggari merupakan salah satu stasiun besar di wilauah Jakarta. Karena arealnya begitu luas, gerbong-gerbong kereta dan lokomotif yang tak dipakai sengaja ‘diparkir’ di sini. Gerbong-gerbong tersebut tampak tak terawat dan ditumbuhi ilalang.

Meski begitu, karena berada di area stasiun, tak semua orang dapat masuk begitu saja. Karena jauh dari keramaian, sering terlihat penampakan di area tersebut, seperti anak-anak yang bermain laying-layang pada malam hari atau wanita yang berjalan di sekitar rel lalu menghilang.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Taman Langsat, Mayestik, Jakarta Selatan

Taman Langsat sebenarnya disediakan agar warga bisa bersantai dan berolah raga di tempat tersebut. Faktanya, tak banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini. Pohon-pohon yang tinggi dan rindang membuat Taman Langsat tampak mengerikan. Pedagang asongan maupun warga yang melewati tempat ini pada malam hari sering melihat sosok aneh di antara pepohonan. Bahkan terkadang ditimpali suara tawa yang aneh dan bebauan yang wanginya membuat bulu kuduk merinding.

5. Rumah Kentang Prapanca

Keangkeran tempat ini bermula dari kisah seorang ibu yang lengah saat menjaga anaknya. Seorang ibu yang tengah merebus kentang di sebuah kuali besar tak sadar anaknya yang balita bermain ke dapur dan masuk ke dalam kuali. Anak tersebut pun kemudian ditemukan tewas dengan kondisi yang mengenaskan.

Sejak saat itu, orang-orang yang melintas di rumah tersebut kerap mencium aroma kentang yang direbus. Terkadang sering pula terdengar sayup suara anak kecil yang menangis.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan

Jalanan ini dikatakan angker karena sering terjadi kecelakaan sejak dulu. Pengendara motor dan mobil sering kali melihat sosok manusia yang tiba-tiba menyeberang jalan lalu menghilang. Pernah ada kejadian, seorang pengendara mobil menunggu lampu merah dan didatangi anak kecil meminta-minta. Meski telah diusir, anak kecil tersebut tak beranjak.

Saat lampu hijau dan mobil melaju, pengemudi mobil terkejut karena anak kecil tersebut masih berada di samping mobil. Anak kecil tersebut tertawa lalu menghilang. Kini di tempat ini jalanan sudah terang benderang dan dilebarkan, halte-halte bis dan jembatan penyeberangan sudah banyak didirikan serta terdapat pula jalur busway.

7. Terowongan Casablanca

Casablanca adalah nama sebuah jalan penghubung antara jalan Jenderal Sudirman dan Kawasan Kuningan dalam hal ini jalan HR Rasuna Said. Terowongan di tempat ini dikatakan angker karena pernah ditemukan seorang lelaki setengah baya gantung diri dengan menggunakan kain spanduk.

Jauh sebelum Jalan Casablanca dibuat, kawasan ini adalah sebuah tempat pemakaman umum Menteng Pulo. Pada waktu itu antara jalan Jenderal Sudirman, jalan HR Rasuna Said (daerah Kuningan) dan jalan Dr Satrio (daerah Tebet) hanya terhubung oleh jalan kecil. Untuk memperbesar lajur jalan, dibuatlah jalan untuk menghubungkan jalan-jalan utama. Akhirnya ratusan makam pun dipindahkan dan disebut proses pemindahan makam umum terbesar di Indonesia

Setelah pemindahan ratusan makam ini selesai, maka dibuatlah jalan Casablanca yang tadinya bernama jalan Karet Kuningan yang jauh lebih kecil ini. Kini, dengan jalur yang lebih lebar, maka diharapkan kemacetan ibukota akan terurai. Oleh karenanya, jika anda lewat kawasan ini akan terlihat tempat pemakaman umum Menteng Pulo di kanan-kiri jalan yang seolah-oleh telah “dibelah”.

Menyeramkan, ya? Pernahkah Anda ke tempat-tempat tersebut dan mengalami kejadian mistis juga?

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.