Sukses

10 Jalan Paling Berbahaya di Dunia

Saat Anda melalui jalanan berikut, Anda harus lebih hati-hati jika tak ingin nyawa melayang.

Citizen6, Jakarta Jalan raya biasa digunakan untuk memperlancar transportasi dan melakukan perjalanan ke suatu tempat. Meski dibangun untuk mempermudah manusia, ternyata ada beberapa jalanan yang cukup berbahaya bila dilalui kendaraan. Berikut 10 jalanan yang paling berbahaya di dunia bisa dilalui oleh kendaraan.

1. Jalan Raya James Dalton, Alaska

Jalan ini memiliki panjang 666 km dan terbuat dari batu kerikil. Yang membuat jalan ini berbahaya adalah karena jalan ini melalui dataran es yang luas menuju lokasi paling Utara di Alaska. Saat hujan turun, melewati jalan ini menjadi ajang bertahan hidup. Kombinasi kerikil, es, lumpur, membuatnya licin dan berbahaya.

2. Jalan Stelvio Pass Trollstigen, Italia

Jalan ini menghubungkan Valtellina dengan lembah Adige. Jalan ini juga menjadi jalan beraspal tertinggi kedua yang terletak di kawasan Pegunungan Alpen. Meski sudah beraspal, tikungan tajam di tiap likunya menjadikan cukup mengerikan untuk dilintasi.

3. Jalan Trollstigen, Norwegia

Menghubungkan kawasan Andalsnes dengan Valldal, jalan ini sering dilalui wisatawan untuk menghemat waktu perjalanan. Jalanan ini cukup berbahaya karena terletak di pegunungan Rauma yang rawan longsor dan runtuhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Jalan Siberia ke Yakutsk, Rusia

Jangan pernah mencoba jalan yang menghubungkan Moskow dengan Yakutsk ini bila tak tahan dingin. Saking dinginnya, jalan di tempat ini tak bisa diaspal. Jalanan menjadi berbahaya saat hujan turun. Selain lumpur hujan yang membuat jalanan ini susah dilalui, perampok pun banyak mengintai di sepanjang jalanan ini.

5. Jalan Gua Guoliang, Cina

Terletak di Gunung Taihang dan dibangun oleh penduduk setempat selama lima tahun, jalan ini berbahaya karena dibuat di pegunungan yang terjal. Lebar jalan ini hanya 4 meter dengan tinggi 5 meter. Bentuknya pun berbentuk terowongan di dalam gunung terjal.

6. Rute 5, Chili

Kecepatan angin membuat jalan yang menghubungkan Arica dan Iquigue ini berbahaya untuk dilalui. Jika seseorang melaju dengan kecepatan tinggi, angin akan memukul dari bagian samping dengan kencang yang membuat mobil terdorong ke samping lalu terjun ke lembah yang dalam.

7. Jalan Kematian, Bolivia

Jalanan ini disebut jalan kematian bukan tanpa sebab. Diperkirakan 200-300 orang meninggal per tahun di jalan yang terletak di utara Yungas ini. Jalan ini sangat sempit dan diapit tebing serta jurang. Tak heran, banyak kecelakaan sering terjadi di sini.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

8. Jalan Raya Sichuan Tibet, Cina

Jalan yang terletak di kawasan Chengdu dan Tibet ini menjadi jalan dengan titik kemiringan tertinggi di Cina. Panjangnya mencapai 2.412 km dan melintasi 14 pegunungan tinggi yang rata-rata tingginya 4.000-5.000m.

9. Jalan Patiopoulo ke Perdikaki, Yunani

Meski sempit, jalan ini termasuk jalan yang banyak dilalui kendaraan. Yang berbahayanya, banyak bagian dari jalan ini yang rusak parah. Belum lagi penerangan yang minim sehingga mobil dari arah berlawanan tak terlihat. Bukit di jalanan ini pun sering longsor.

10. Jalan A682, Inggris

Rute A682 terletak di antara 13 titik persimpangan dari M65 dan Long Preston. Jalanan ini disebut-sebut sebagai jalanan terburuk di Inggris. Telah terjadi lebih dari 100 kecelakaan selama 10 tahun terakhir.

Nah, kalau suatu kali Anda melalui jalan-jalan tersebut, lebih berhati-hati ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.