Sukses

Masyarakat Peringati Hari Peduli Autis Sedunia

Citizen6, Jakarta Setiap tanggal 2 April masyarakat dunia merayakan Hari Peduli Autis sedunia pada tiap tahunnya. Hari yang ditetapkan untuk individu berkebutuhan khusus  ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah-masalah autis, meningkatkan informasi mengenai pentingnya diagnosa awal tiap kali terlihat ada gejala autis dan individu penyandang autis itu sendiri.

Hari Autis ini diresmikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada 18 Desember 2007. Seperti dilansir di UNDP, PBB telah memasukkan masalah autis ke dalam kategori krisis dan akan mendapatkan prioritas utama untuk penanggulangannya. Usaha untuk menindak lanjuti pencegahan, pengobatan dan penyembuhan autis dinilai sudah tidak efektif karena autis adalah gangguan perkembangan nuerology yang paling cepat pertambahan jumlah penyandangnya di seluruh dunia.

Autis merupakan kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang dialami sejak lahir ataupun saat masih balita. Karakteristik pada seseorang yang menyandang kelainan ini adalah kesulitan membina hubungan sosial.

Anak merupakan generasi muda yang berpotensi dan sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa. Anak juga sebagai modal pembangunan yang akan memelihara, mempertahankan dan mengembangkan pembangunan yang ada.

Maka dari itu anak penyandang autis tidak berbeda dengan anak lainnya. Mereka seharusnya bisa diterima dilingkungan sosial tanpa membedakannya, diberikan kesempatan dan perlakuan yang setara, baik dalam pendidikan maupun pekerjaan.

Sayang sekali, masih ada segelintir warga yang masih suka bercanda dengan menggunakan kata-kata autis untuk mengolok-olok orang yang sibuk dengan dirinya sendiri. Mudah-mudahan mulai hari ini tidak lagi.

Penulis:

Yulia Yulee

Baca juga:

`April Wish` Apa Harapanmu di Bulan Baru?

Kisah Pilu Warga Garut Pemakai Jamkesmas

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.