Sukses

Ragam Hoaks Seputar Timnas Indonesia, Simak Faktanya

Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar Timnas Indonesia banyak beredar di masyarakat belakangan ini. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Timnas Indonesia? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Pemain Liverpool Virgil Van Dijk Siap Membela Timnas Indonesia

Sebuah video yang diklaim pemain klub Liverpool Virgil Van Dijk siap membla Timnas Indonesia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Juni 2024.

Video berdurasi 2 menit 38 detik itu terlihat Virgil Van Dijk tengah berbicara dalam sesi wawancara. Berikut narasi dalam video tersebut.

"Halo Indonesia, nama saya Virgil Van Dijk. Ibu saya berasal dari Indonesia dan dibesarkan disana dan itu merupakan negara yang sangat besar banyak sekali pulau-pulau kecil di sekitarnya dan keluarga saya masih banyak di pulau kecil di Indonesia. Saya belum pernah berkunjung ke rumah keluarga saya disana tetapi saya akan merencanakan untuk melakukan perjalanan kesana," demikian narasi dalam video tersebut.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar pemain Liverpool, Virgil Van Dijk bersiap membela Timnas Indonesia.

"Pemain Liverpool,Siap Membela Timnas Garuda💪," tulis salah satu akun Facebook.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 139 kali ditonton dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah dalam video itu pemain Liverpool Virgil Van Dijk siap membela Timnas Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Video Pelatih Portugal Komentari Laga Lawan Timnas Indonesia

Beredar di media sosial postingan video pelatih Portugal Roberto Martinez berbicara terkait uji coba melawan Timnas Indonesia. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 6 menit 11 detik dengan judul "Pernyataan Mengejutkan Pelatih Portugal Jelang Laga Melawan Indonesia Bikin SE Asia Tercengang"

Akun itu menambahkan narasi "PERNYATAAN MENGEJUTKAN PELATIH PORTUGAL ~ JALANG VS INDONESIA SE ASIA KAGET KARENA NGOMONG GINI"

Lalu benarkah postingan video pelatih Portugal Roberto Martinez berbicara terkait uji coba melawan Timnas Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Klarifikasi Timnas Indonesia akan Berujicoba Melawan Portugal September 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Portugal pada September 2024 mendatang. Postingan ini beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat poster dengan narasi:

"Indonesia Vs Portugal Resmi dari PSSI"

Poster tersebut disertai foto Asnawi Mangkualam, Erick Thohir dan Cristiano Ronaldo.

Akun itu menambahkan narasi "📢SELAMAT DATANG GOAT RONALDO🔥 LAGA PANAS INDONESIA VS PORTUGAL (RONALDO) AKAN DI GELAR BULAN SEPTEMBER 🔥🔥🔥 MANTUL GEES"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Portugal pada September 2024 mendatang? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.