Sukses

Deretan Hoaks Penipuan Catut Nama Raffi Ahmad, Jangan Mudah Tergiur

Hoaks ini patut diwaspadai karena bisa menimbulkan kerugian.

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad menjadi salah satu selebriti yang kerap dicatut namanya oleh para pembuat hoaks. Hoaks ini patut diwaspadai karena bisa menimbulkan kerugian.

Lalu apa saja hoaks catut nama Raffi Ahmad? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Video Pendaftaran Pembagian THR dari Raffi Ahmad

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pendaftaran pembagian THR dari Raffi Ahmad, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 April 2024.

Klaim video pendaftaran pembagian THR dari Raffi Ahmad menampilkan Raffu Ahmad sedang berbicara, berikut transkripnya.

"Saya Raffi Ahmad, saya ingin sharing sedikit, saya ingin cerita sedikit berbagi pengalaman saya Dan juga berbagi motivasi buat kalian semuanya, buat saya menyerah itu tidak ada kata menyerah, karena itu saya telah membikin situs bermain game yang bernama RAPI66 untuk mengejar mimpi kita.

Dulu saya kemana-mana itu susah tidak mempunyai uang saya membuka situs pertama kali itu benar-benar hanya untuk berbagi, saya tidak mengambil keuntungan sedikitpun ini untuk semua yang telah kalah ratusan juta, saya bisa membantu keuangan kalian walaupun hanya sedikit, mungkin cuman ini yang bisa saya lakukan.

Saya harap kalian terbantu di situs RAPI66 situs milik saya yang saya yakin kalian pasti menang dan membuat masa depan kalian, saya juga sudah berusaha agar bisa meresmikan situs RAPI66 dan saya harap dukungan dari masyarakat Indonesia, agar situs saya bisa membantu rakyat Indonesia dan saya memiliki ambisi agar situs saya bisa berkembang jauh, dan bisa lebih bermanfaat dan juga biarlah kita naik itu step by step."

Dalam video terdapat tulisan sebagai berikut.

"RAFFI AHMAD BERBAGI DUIT MELALUI SITUS RAPI66"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Aa bagi2 THR nihh.. Langsung daftar ya"

Benarkah klaim video pendaftaran pembagian THR dari Raffi Ahmad? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Raffi Ahmad Bagikan Uang Rp 30 Juta untuk Lunasi Utang dengan Cara Mendaftar di Whatsapp

Beredar di media sosial postingan Raffi Ahmad membagikan uang Rp 30 juta untuk melunasi utang dengan mendaftar melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 9 Maret 2024.

Dalam postingannya terdapat video Raffi Ahmad dan Nagita dengan narasi sebagai berikut:

"Buat yang belum pernah Raffi bantu lunasi hutang-piutang 30 jt Raffi siap kirim sekarang. Jawab jujur: 1. Sudah, 2. Belum."

Akun itu menambahkan narasi: "Hanya follow aja ya"

Lalu benarkah postingan Raffi Ahmad membagikan uang Rp 30 juta untuk melunasi utang dengan mendaftar melalui Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Raffi Ahmad Bagikan Rp 80 Juta Bagi Masyarakat dengan Cara Daftar Melalui WhatsApp

Beredar di media sosial postingan Raffi Ahmad akan membagikan uang Rp 80 juta bagi masyarakat dengan mendaftar lewat Whatsapp. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 14 Mei 2024.

Dalam unggahannya terdapat foto Raffi Ahmad bersama Presiden Jokowi dengan narasi sebagai berikut:

"Jika foto ini masuk ke Beranda kalian, selamat anda beruntung dapet transferan 80jta dari Aa Raffi. Tidak ada syarat apapun!"

Akun itu menambahkan narasi "Baik untuk bapak/ibu jika ingin kami bantu untuk masalah ekonomi, terlilit hutang, ingin bangun rumah, bangun usaha, atau dll silahkan anda bisa langsung hubungin Whatsapp kami di bawah ini.."

Lalu benarkah postingan Raffi Ahmad akan membagikan uang Rp 80 juta bagi masyarakat dengan mendaftar lewat Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.