Sukses

Video Hoaks Bertema Sepak Bola, dari Messi Berikan Motivasi hingga Manajer Korsel Mengamuk

Hoaks video bertema sepak bola banyak beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan. Mayoritas hoaks ini ternyata terkait dengan Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks video bertema sepak bola banyak beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan. Mayoritas hoaks ini ternyata terkait dengan Timnas Indonesia.

Lalu apa saja hoaks video bertema sepak bola? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Video Pelatih Portugal Komentari Laga Lawan Timnas Indonesia

Beredar di media sosial postingan video pelatih Portugal Roberto Martinez berbicara terkait uji coba melawan Timnas Indonesia. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 6 menit 11 detik dengan judul "Pernyataan Mengejutkan Pelatih Portugal Jelang Laga Melawan Indonesia Bikin SE Asia Tercengang"

Akun itu menambahkan narasi "PERNYATAAN MENGEJUTKAN PELATIH PORTUGAL ~ JALANG VS INDONESIA SE ASIA KAGET KARENA NGOMONG GINI"

Lalu benarkah postingan video pelatih Portugal Roberto Martinez berbicara terkait uji coba melawan Timnas Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Postingan Video Lionel Messi Berikan Motivasi Jelang Lawan Timnas Indonesia Hanya Parodi, Simak Faktanya

Beredar di media sosial postingan video Lionel Messi sedang memberikan motivasi di ruang ganti jelang melawan timnas Indonesia. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 23 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 45 detik berisi pesan Messi pada rekan timnya di ruang ganti. Video itu disertai teks berikut ini:

"Pertandingan melawan Indonesia nanti sangatlah penting. Bisa melawan salah satu negara terkuat di Asia Tenggara ini adalah kesempatan yang sangat langka.

Juara Piala Dunia di Qatar kemarin hanyalah batu loncotan untuk kita bisa ketahap ini melawan tim kuat seperti Indonesia. Saya yakin kita bisa memenangkan pertandingan tanggal 19 Juni nanti, masyarakat Argentina akan sangat bangga Kepada kalian.

Karena bisa menang melawan Indonesia adalah mimpi semua negara di Dunia. Semua trofi dan semua gelar yang kita dapat tidak lah berarti jika belum menang melawan Indonesia."

Lalu benarkah postingan video Lionel Messi sedang memberikan motivasi di ruang ganti jelang melawan timnas Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Video Pelatih Korsel Mengamuk Usai Kalah dari Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Beredar di media sosial postingan video yang diklaim pelatih Korea Selatan mengamuk di ruang ganti usai kalah dari Timnas Indonesia di Piala Asia U-23. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 April 2024.

Dalam video yang diposting terdapat seorang pelatih yang terlihat mengamuk di ruang ganti stadion. Video itu disertai narasi "Kejadian di ruang ganti Korsel, intip yuk... Menejer Korsel mengamuk"

Akun itu menambahkan narasi:

"Kalah dengan timnas. Pelatih Korsel mengamuk.. pandang enteng, kalah to..."

Lalu benarkah postingan video yang diklaim pelatih Korea Selatan mengamuk di ruang ganti usai kalah dari Timnas Indonesia di Piala Asia U-23? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.