Sukses

Daftar Hoaks Seputar Pangeran dan Putri Kerajaan Timur Tengah, Simak Biar Tak Terpengaruh

Hoaks seputar Pangeran dan Putri Kerajaan Timur Tengah beredar di media sosial, kabar bohong tersebut harus diwaspadai sebab dapat menimbulkan persepsi yang salah.

Liputan6.com, Jakarta- Pangeran dan putri Kerajaan Timur Tengah kerap menjadi sorotan, namun juga tidak luput dari serangan hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap hoaks seputar Pangeran dan putri Kerajaan Timur Tengah dalam sejumlah artikel penelusuruan, berikut daftarnya.

Putri Raja Yordania Jatuhkan 6 Drone Iran

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Putri Raja Yordania jatuhkan 6 drone Iran, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 April 2024.

Klaim Putri Raja Yordania jatuhkan 6 drone Iran berupa tangkapan layar judul artikel bertuliskan.

"Princess Salma of Jordan reproted to down 6 iranian drones overnight"

Dalam tangkapan layar tersebut juga terdapat tulisan "EMIRATES WOMAN". Selain itu juga mencantumlan waktu muat artikel pada 14 April 2024 dan nama penulis RUMAN BAIG.

Tangkapan layar tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"➡️ Putri Raja Yordania, Salma dilaporkan jatuhkan 6 Drone Iran saat malam operasi atas Israel."

Benarkah klaim Putri Raja Yordania jatuhkan 6 drone Iran? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Putri Raja Salman Tanpa Hijab

Foto seorang wanita yang diklaim sebagai putri Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud beredar di media sosial. Foto tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook pada 9 Juni 2020.

Dalam gambar tersebut terdapat narasi berisi bahwa wanita tersebut adalah putri Raja Salman. "Putri Raja Salman tanpa Hijap takseorangpun yg berani mengatakan Dia jauh dari Islam," demikian isi dari narasi tersebut.

Akun Facebook Muhammad Bahrun Najach juga menuliskan narasi dan mempertanyakan siapa wanita dalam gambar tersebut.

"TAU KAH INI PUTRI SIAPA AYO," tulis akun Facebook tersebut.

Benarkah foto seorang wanita yang diklaim sebagai putri Raja Arab Saudi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

3 dari 4 halaman

Pangeran Arab Saudi Buka Pendaftaran 400 Ribu Kuota Haji Gratis Melalui Website

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman membuka pendaftaran untuk 400 ribu kuota haji gratis tahun ini. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar Pangeran Salman dengan narasi "Apply for 2023 free Hajj registration" atau dalam Bahasa Indonesia "Pendaftaran haji gratis untuk tahun 2023".

Akun itu juga menambahkan narasi,

"AYO CEPAT,* *_Daftar hari ini gratis_*SETIAP ORANG DAPAT MENDAFTAR SKEMA HAJI SPONSOR GRATIS 2023

MOHAMMED BIN SALMAN menyediakan Lebih dari 400 Ribu Slot Haji untuk semua orang yang ingin melakukan haji tahun ini tanpa membayar uang."

Postingan itu juga disertai link yang mengarah pada website tertentu.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman membuka pendaftaran untuk 400 ribu kuota haji gratis tahun ini? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.