Sukses

Warga Diimbau Tak Terpancing Hoaks Usai Insiden Bentrok Oknum TNI AL-Brimob di Sorong

Kapolda Papua Barat, Irjen Johnny Eddison Isir mengimbau, seluruh masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan informasi hoaks pasca-bentrok antara oknum anggota TNI AL dengan oknum anggota Brimob Batalyon B Sorong.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Papua Barat, Irjen Johnny Eddison Isir mengimbau, seluruh masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan informasi hoaks pasca-bentrok antara oknum anggota TNI AL dengan oknum anggota Brimob Batalyon B Sorong.

"Masyarakat terkhusus yang ada di Sorong dan semua yang ada di Tanah Papua, jangan terhasut ataupun termakan informasi yang tidak benar," kata Johnny saat konferensi pers di Markas Polresta Sorong Kota, Papua Barat, dilansir dari Antara, Selasa (16/4/2024).

Johnny juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat atas insiden perkelahian sejumlah oknum TNI AL dan Brimob di Pelabuhan Sorong, pada Minggu 14 April 2024 lalu.

Polda Papua Barat bersama jajaran Komando Armada (Koarmada) III Sorong tengah menyelidiki penyebab perselisihan tersebut, dan oknum anggota yang terbukti bersalah akan dikenakan sanksi.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Papua Barat dan Papua Barat Daya atas peristiwa yang terjadi," ucap Johnny.

Dia menegaskan bahwa TNI-Polri tetap menjaga soliditas dan sinergisitas demi mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di seluruh Papua Barat Daya maupun Papua Barat.

"Kami berupaya agar hal ini tidak terulang kembali, dan kami masing-masing melakukan konsolidasi internal," terang Johnny.

Ia memastikan, situasi kamtibmas pasca-bentrok telah kembali kondusif, hal ini terlihat dari aktivitas masyarakat di Sorong yang berjalan lancar.

Menurut Johnny, empat personel dari TNI AL bersama lima personel Polresta Sorong Kota dan satu personel Polres Tambrauw sudah mendapat perawatan medis akibat menderita luka-luka.

"Situasi sudah aman terkendali. Kami berharap rekan-rekan, baik TNI AL maupun anggota Polres yang sedang menjalani perawatan cepat sembuh," ujar dia.

Panglima Koarmada III Sorong Laksamana Muda TNI Hersan sangat menyayangkan kejadian yang tidak diinginkan tersebut, sebab hubungan antara TNI-Polri telah terjalin baik selama ini.

Pihaknya mendukung upaya Polda Papua Barat melakukan penyelidikan secara menyeluruh agar dapat diketahui penyebab terjadinya perselisihan yang melibatkan sejumlah oknum anggota TNI AL dan Brimob.

Sebelumnya, bentrok oknum anggota Brimob dan Pomal TNI AL di Pelabuhan laut Sorong mengakibatkan sejumlah fasilitas rusak, seperti terminal penumpang pelabuhan, Polsek KP3 Laut, Pos Lantas Drive Thrue Kuda Laut, dan dua pos pengamanan Idul Fitri di Jalan Yos Sudarso, Kota Sorong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.