Sukses

Ahli Sebut Literasi Jadi Benteng Masyarakat untuk Hadapi Gempuran Hoaks

Para ahli menyebutkan bahwa literasi diperlukan untuk mendorong masyarakat berdaya dalam menghadapi serangan hoaks.

Liputan6.com, Jakarta- Para ahli menyebutkan bahwa literasi diperlukan untuk mendorong masyarakat lebih berdaya dalam menghadapi serangan hoaks.

Hal ini disampaikan dalam sebuah panel diskusi beberapa waktu lalu yang digelar oleh The Information Futures Lab, bertajuk "Everything We Know (And Don’t Know) About Tackling Rumors and Conspiracies".

Dalam diskusi tersebut ditekankan bahwa permasalahan literasi di masyarakat berakar dari hambatan sumber daya informasi.

“Masyarakat rentan hoaks karena sumber daya yang sulit diakses, ini mencakup hambatan terkait bahasa dan budaya. Kalau masyarakat punya sumber daya informasi yang memadai, kemungkinannya kecil terpapar hoaks,” kata Evelyn Pérez-Verdia, founder We Are Más dilansir dari The Brown Daily Herald.

Dalam kesempatan yang sama, panelis dan produser di Media Matters for America, Abbie Richards menekankan bahwa algoritma media sosial turut memperparah penyebaran hoaks.

Richards menyoroti penyebaran konten yang menyesatkan atau tidak akurat di platform seperti TikTok.

“Konten yang dihasilkan oleh teknologi AI di media sosial seringkali dirancang untuk memanfaatkan kebijakan monetisasi di berbagai platform media sosial. Ada aspek monetisasi di balik konten ini,” ucapnya menegaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Literasi dalam Menangkal Hoaks

Literasi menjadi pondasi yang penting dalam menghadapi arus hoaks. Dalam diskusinya, Richard menekankan suatu upaya yang disebut sebagai literasi emosi.

“Literasi emosi mencakup bagaimana kita mengajari orang terkait cara-cara untuk mengenali bias konfirmasi yang ada dalam diri mereka dan mengedukasi terkait teknik-teknik yang digunakan dalam penyebaran hoaks,” ujarnya.

Selain itu, Richards juga mendorong agar literasi politik dan pemerintahan dapat difasilitasi dan ditingkatkan termasuk bagi masyarakat.

Selain itu, wadah diskusi atau dialog komunitas bagi masyarakat juga perlu dibentuk untuk mengeksplorasi perspektif yang beragam agar terhindar dari terciptanya polarisasi.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.