Sukses

Merayakan Idul Fitri Bersama Keluarga, Simak 4 Tips Mengingatkan Bagi yang Terpapar Hoaks

Hoaks menjadi permasalahan semua negara tak terkecuali di Indonesia. Terlebih dengan penetrasi internet dan media sosial yang cukup tinggi.

Liputan6.com, Jakarta -- Hoaks menjadi permasalahan semua negara tak terkecuali di Indonesia. Terlebih dengan penetrasi internet dan media sosial yang cukup tinggi.

Tantangan untuk mengatasi hoaks juga tidak mudah. Pasalnya hoaks kerap beredar tak mengenal usia, jenis kelamin, hingga status sosial.

Dan tantangan terbesar untuk mengurangi hoaks adalah yang tersebar di anggota keluarga, tak jarang hal ini bisa menimbulkan konflik tersendiri. Banyak anggota keluarga kita yang menyebarkan hoaks baik sengaja maupun tidak disengaja.

Momen merayakan Idul Fitri pun bisa menjadi sarana edukasi bersama keluarga yang lain untuk menghindari hoaks. Lalu bagaimana tips untuk menghadapi keluarga yang sering menyebarkan hoaks?

1. Hindari langsung mengatakan mereka menyebarkan informasi salah. Ajaklah untuk bersama cari informasi pembanding yang kredibel.

2. Dekati dan beritahu secara personal terlebih dahulu. Mereka akan lebih menerima, daripada ditegur langsung di muka umum.

3. Tunjukkan dan kenalkan kepada mereka rujukan informasi kaya data, website pemeriksa fakta ataupun website resmi seperti dari pemerintahan dan lembaga.

4. Perlahan beritahu pula bahwa tokoh terkenal, apapun profesi dan gelarnya bukan jaminan kebenaran 100 persen. Lakukan cek dan ricek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.