Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Kista, Simak Daftarnya

Banyak hoaks seputar kesehatan yang beredar di masyarakat salah satunya yang terkait dengan kista.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hoaks seputar kesehatan yang beredar di masyarakat salah satunya yang terkait dengan kista. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar kista? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Suntik KB Bisa Menyebabkan Kista Ovarium

Beredar kembali postingan yang mengklaim suntik KB bisa menyebabkan kista ovarium. Postingan itu beredar sejak awal bulan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 1 April 2024.

Berikut isi postingannya:

"Ini salah satu alasan kenapa saya tidak mau KB"INFO sejenak gaess...😉😉Serem ya liat nya...😱 Ada yg tau apa ini..??Saya bakal jawab..👉 ini KISTA OVARIUMBobot sdh mencapai 2kg lebih,jika ini pecah dalam perut anda,apa yg akan terjadi 15% Anda mendekati kemati'an..🙏Hanya sekedar mengingatkan buat para ibu2 khususnya yg sdh punya suami,di anjurkan untuk Program KB krna menunda masa kehamilan.dn perlu ibu2 ketahui kista Ovarium ini di sebabkan dari penimbunan DARAH KOTOR(DARAH HAID)dalam jangka panjang.Kista OVARIUM ini di sebab'kn dari KB suntik 3bln, di mana darah HAID tidak normal bisa di bilang berhenti total🙏krna efek suntik'kn nya.Khodrat kita sebagai perempuan sdh di jadwalkan untk mengeluarkan darah kotor di setiap bulan,yg di namakan MENSTRUASI,Coba ibu2 bayang'kan🤔 kemana'kah lari nya darah kotor(haid) jika tidak keluar mana pada waktunya. Serem ya makk..😁 Darah kotor bakal berhenti di dinding RAHIM,terus dan terus menumpuk,jika sdh menumpuk darah haid bisa berlari ke sel-sel darah aktif. penyakit ini (KISTA OVARIUM) akan di rasakn pada jangka panjang nanti.Ciri-Ciri penyakit(KISTA OVARIUM) mirip org ngidam👉mual2/muntah2,makan gak nafsu,pengen nya ini Ono,persis org ngidam,pinggang terasa sakit dasyat,perut melilit,jika berhubungan intim terasa sakit sekali😱🙏 di tambah kita doyan 👉makan,makan'an yg mengandung banyak penyedap,👉 makan'an yg kadar lemak berlebihan👉Sering minum air Es,jajan-jajan'an di luar.itu akan lebih cepat memproses KISTA bertumbuh besar😱Masa Allah ngeri...Hanya sekedar mengingatkn dn berbagi pengalaman yaa.. khususnya bagi kaum Wanita,tdk ada mksd dn tujuan apa2 ya ukhti,😉krna saya jg 2thun yg lalu pernh sakit diagnosa 👉TTG(TUMOR TROPLOBLUS GANAS) yg di awali HAMIL ANGGUR, dan harus menjalani KEMOTERAPI 5 SERI lebih seremnya 25xKEMOTERAPI🙏🙏😊😊Alhamdulilah atas Muzizat dn izin Allah saya puli kembali🤲🙏 Hampir mirip dengan KISTA OVARIUM, tpi masih serem'man dkit skit yg dlu saya derita 2thun yg llu😁😁Utamakan kesehatan😍... cari solusi lebih baik lagi"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim suntik KB bisa menyebabkan kista ovarium? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Terbukti Minum Air Rebusan Bawang Dayak Bisa Sembuhkan Kista

Klaim tentang mengonsumsi air rebusan bawang dayak dapat menyembuhkan kista beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 30 Juni 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi cara membuat ramuan dari bawang dayak yang diklaim bisa menyembuhkan kista.

"Untuk yang kena KISTA dan tak ingin operasi. coba herbal Dayak.

Resep. Rebus 3-4 gelas bawang Dayak 7biji campur beberapa potong kunyit putih (sagugut bhs Dayak) buat minum 3x sehari.Lakukan rutin 15 hari..

Atas ijin Tuhan dan niat kita sembuh melalui beusaha dan berdoa KISTA sepanjang 12-14 cm pun hilang.

Semoga admin dan anggota group sehat selalu. 💪💪," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 42 kali dibagikan dan mendapat 28 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi air rebusan bawang dayak bisa menyembuhkan kista? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Terbukti Minum Air Rebusan Rumput Paragis Bisa Sembuhkan Kista Ovarium hingga Epilepsi

Klaim tentang mengonsumsi air rebusan rumput paragis bisa menyembuhkan kista ovarium hingga epilepsi beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 September 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan dari rumput paragis yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

"Dapat postingan dalam bahasa Tagalog kemudian di translate, moga bermanfaat 🙏

Bagi yang belum tahu, PARAGIS (LULANGAN Jawa) / bukan teki adalah rumput liar, tidak bisa dibeli .. tumbuh di bukit atau di tanah kosong ..

PARAGIS terkenal dalam KELOMPOK jamu, sehingga dikatakan bahwa para dokter tidak mau menyetujui PARAGIS karena mereka akan kehilangan penghasilan bagi penderita kanker karena ia juga merupakan obat untuk kanker dan benjolan.

cari nyu po sa googLe 😇😇😇

Lihatlah kambing-kambingnya, mereka makan lebih dari itu, mereka sehat begitu juga anjing / kucing ketika mereka merasa tidak enak, mereka juga makan PARAGIS .. lucu sekali tapi PARAGIS BENAR-BENAR MENYEMBUHKAN 😇😇😇

Saya membaca postingan tentang seorang wanita yang dulunya menderita kista ovarium, dia takut, jadi dia mencoba PARAGIS. Dia sangat takut saat menjalani inex-ray.

dan itu juga memperkuat REGLA seperti dalam darah utuh LaLabas sau.

Pengobatan herbal: PARAGIS

Inggris: rumput angsa

Nama umum: paragis = tagalog

plagtiki = ilonggo

Busikad / bila-bila = bisaya

Rumput carabao = waray

Gagabutin = ilocano

Keuntungan sehat:

1. Kista ovarium

2. Miom

3. Kista di payudara

4. Haid tidak teratur (rebus segenggam akar paragis , dalam setengah liter air dalam 10 menit. Masukkan juga ke dalam toples kaca, sisakan satu gelas dan campur dengan susu bubuk (merk apapun) minum 1 gelas sebelum makan pagi dan 1 gelas pada sore hari, lakukan ini selama 30hr, pastikan setiap minumnya hangat2 kuku, mengobati penyakit yang tercantum di bawah ini.)

5. Polip serviks

6. Hipertensi

7. Diabetes

8. Uti

9. Wasir

10. Diare

11. Ketombe (perasan akar segar, haluskan lalu oleskan pada kulit kepala, biarkan semalaman)

12. Demam (tumbuk akar paragis, bersihkan beserta daunnya, rendam dalam 2 gelas air selama 2 jam. Lengkapi juga 5 buah biji lada)

13. Asma (akar paragis, lagain dan minum 2 gelas sehari selama 5 hari)

14. Epilepsi

15. Hipertiroidisme atau hipotiroidisme (gondok)Parasa:

Kista pada payudara, miom, kista ovarium, wasir, diabetes, hipertensi, uti, epilepsi, gondok, diare, polip serviks

Cara membuat: 1 genggam paragis direbus dalam 1 liter air selama 10 menit, masukkan ke dalam toples kaca (dilarang dalam plastik) minum 1 gelas 1jam sebelum makan dan 1 gelas lagi sebelum tidur, sisanya dimasukkan ke dalam lemari es untuk digunakan esok harinya baru dipanaskan dan prosedur yang sama, jangan berhenti minum sampai Anda merasa lebih baik.

Nb : maaf klo ga bs bls semua koment," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 89 ribu kali ditonton dan mendapat 9.100 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi air rebusan rumput paragis bisa menyembuhkan kista ovarium hingga epilepsi? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.