Sukses

Kumpulan Video Hoaks Terkini, Simak Faktannya

kumpulan video hoaks terkini hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta- Internet telah menjadi sumber informasi yang penting bagi banyak orang. Di tengah kondisi tersebut beredar video hoaks yang dapat dengan mudah memberikan pengaruh negatif.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam video hoaks, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan video hoaks terkini.

Video Anies-Cak Imin Ucapkan Selamat untuk Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Anies Baswedan-Cak Imin ucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wapres Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 Maret 2024.

Unggahan klaim video Anies Baswedan-Cak Imin ucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia menampilkan Anies dan Cak Imin sedang diwawancarai awak media.

Dalam wawancara tersebut Anies berbicara dengan transkrip sebagai berikut.

"Selamat buat Pak Prabowo mudah-mudahan akan bisa menjaga kehormatan, karena ini adalah kehormatan dari angkatan bersenjata."

Cak Imin pun mengeluarkan pernyataan, dengan transkrip sebagai berikut.

"Selamat semoga menjadi pengabdian"

Dalam video tersebut terdapat tulisan.

"Anies & Imin Ucapkan selamat sukses Prabowo Gibran

Anies & Imin ucapkan selamat sukses Prabowo Gibran presiden wakil presiden Indonesia 2024-2029"

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Anies & Imin

Ucapkanselamat sukses

Prabowo Gibran presiden wakil presidenIndonesia

2024 - 2029"

Benarkah klaim video Anies Baswedan-Cak Imin ucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wapres Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Demo Mahasiswa karena Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video demo mahasiswa karena hasil perhitungan suara Pemilu 2024. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 28 Februari 2024.

Klaim video demo mahasiswa karena hasil perhitungan Pemilu 2024 diawali dengan video sejumlah orang mengenakan almamater kuning dan sebagian membawa bendera.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Mahasiswa Siap Turun Jalan Melihat Hasil Perhitungan Pemilu 2024"

Tayangan video tersebut dilanjutkan dengan angel pengambilannya dari atas objek, menampilkan ruang terbuka yang dipenuhi dengan bintik putih.

Video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"DEMO HARI INI

lautan manusia"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Mahasiswa tolak hasil pemilu curang 2024."

Benarkah klaim video demo mahasiswa karena hasil perhitungan Pemilu 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Video Prabowo Ucapkan Selamat untuk Anies Baswedan karena Menang Pilpres pada 4 Maret 2024

Cek Fakta: Tidak Benar Video Prabowo Ucapkan Selamat untuk Anies Baswedan karena menang Pilpres pada 4 Maret 2024

Beredar di media sosial postingan video Prabowo Subianto mengucapkan selamat pada Anies Baswedan yang menjadi pemenang Pilpres pada 4 Maret 2024. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 6 Maret 2024.

Dalam postingan itu terdapat video Prabowo berpidato dengan narasi sebagai berikut:

"Mendapat kehormatan untuk mengucapkan selamat kepada saudara Anies Rasyid Baswedan. Terima kasih kepada KPU, berterima kasih kepada semua aparat, iya kepada kepolisian, kepada TNI ya, prajurit semua."

Video dilanjutkan dengan pidato Anies Baswedan dengan narasi:

"Hasil akhir sebuah fase yang menemui ujungnya. Bagi kami perjalanan masih panjang ikhtiar yang kami lakukan, ikhtiar kita yang sesungguhnya adalah mengembalikan dan menghadirkan keadilan di Indonesia."

Video itu disertai narasi:

"Paslon 01 pemenang Pilpres 2024-2029. Prabowo ucapkan selamat kepada Bpk Anies Baswedan 4 Maret 2024"

Lalu benarkah postingan video Prabowo Subianto mengucapkan selamat pada Anies Baswedan yang menjadi pemenang Pilpres pada 4 Maret 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.