Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pendaftaran Undian Berhadiah dari Bank Papua

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pendaftaran undian berhadiah dari Bank Papua

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran undian berhadiah dari Bank Papua, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook pada 5 Maret 2024.

Klaim pendaftaran undian berhadiah dari Bank Papua berupa tulisan sebagai berikut.

"Berita Terkini BPD Bank Papua Bagi,Bagi, Hadiah katong pu rekening Bank Papua.Ayo Katong daftar Undian Berhadiah Bank Papua.dapatkan hadiahnya,

*2 Mobile Hylux DOUBLE CABIN

*1 Unit Mobil Suzuki Carry

*3 paket Liburan Ke New Zealand

*5 Sepeda Gunung,

*7 Unit Ricce Coker Maspion

*275 gram Emas Murni

*3 Unit Honda PCX New160

Pace' Mace' Kaka Ade.untuk pendaftaran silakan klik tombol Daftar di produk iklan ya, ayoo jang sampai ketinggalan.Ttd BPD Bank Papua Saikhlas,".

Unggahan tersebut dilengkapi dengan tautan sebagai berikut.

"https://daftarundianpoin.my.id/bankpapua/card.html?fbclid=IwAR2AOjdPGElyiUrsOcxdtLgDxQ9UCpj1wmN-HzBx1-1IweR3YiwbuH3CmfM"

Jika tautan tersebut diklik muncul halaman situs yang terdapat tulisan yang mengarahkan pengaksesnya untuk mengisi informasi kartu ATM, seperti nama lengkap, nomor handphone, nomor ATM hingga PIN ATM.

Benarkah klaim pendaftaran undian berhadiah dari Bank Papua? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pendaftaran undian berhadiah dari Bank Papua, penelusuran mengarah pada tulisan berjudul "Kenali akun - akun resmi Bank Papua" yang dimuat situs resmi bankpapua.co.id.

Situs bankpapua.co.id menyebutkan, alamat situs resmi Bank Papua adalah bankpapua.co.id dan info@bankpapua.co.id.

Dalam tulisan tersebut juga terdapat keterangan sebagai berikut.

"Nasabah Bank Papua, kini marak penipuan mengatasnamakan Bank Papua..

Tetap waspada dan hati-hati ya..

Kenali akun - akun resmi Bank Papua agar dapat mengantisipasi penipuan dan berita hoax yang sering terjadi melalui media sosial serta media lainnya..

Segera hubungi HALO BANK PAPUA 1500-138untuk informasi seputar Bank Papua.

Waspada dan waspadalah...".

Penelusuran juga mengarah pada unggahan akun resmi Bank Papua di Instagram, @bankpapua_id yang mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penipuan lewat program hadiah mengatasnamakan Bank Papua yang marak dibagikan di media sosial.

Postingan itu diunggah Bank Papua pada 12 Oktober 2023. Berikut isi postingannya:

"Sobat Bank Papua, selalu teliti saat mendapatkan informasi program hadiah mengatasnamakan Bank Papua..

Saat ini sangat banyak hoax online mengatasnamakan Bank Papua.

Ingat ya, informasi program hadiah, produk, jasa dan layanan Bank Papua hanya di informasikan melalui Akun Resmi Bank Papua.

Apabila sobat Bank Papua masih ragu atas informasi yang disampaikan, dapat menghubungi Halo Bank Papua di line telphone 1500138.

Waspada dan teliti atas setiap informasi ya sobat Bank Papua.."

Selain itu dalam postingan yang beredar terdapat link yang mengarah pada website yang bukan merupakan milik Bank Papua. Di dalam website tersebut pengguna juga diminta untuk memasukkan nama lengkap, nomor handphone, dan nomor rekening.

Hal ini merupakan modus penipuan dan bisa membuat data pribadi kita bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab."

 

Sumber:

https://www.bankpapua.co.id/home/index/detail/kenali-akun-akun-resmi-bank-papua-1170

 https://www.instagram.com/p/CySHGzELexE/ 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim pendaftaran undian berhadiah dari Bank Papua tidak benar.

Situs bankpapua.co.id menyebutkan, alamat situs resmi Bank Papua adalah bankpapua.co.id dan info@bankpapua.co.id. Saat ini sangat banyak hoaks online mengatasnamakan Bank Papua, informasi program hadiah, produk, jasa dan layanan Bank Papua hanya di informasikan melalui Akun Resmi Bank Papua.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini