Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pendaftaran Gebyar Undian Bank Sulselbar di Facebook

Beredar di media sosial postingan pendaftaran gebyar undian yang diadakan Bank Sulselbar. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan pendaftaran gebyar undian yang diadakan Bank Sulselbar. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 Maret 2024.

Berikut isi postingannya:

"Khusus Nasabah Bank SulselbarGEBYAR UNDIAN GRAND PRIZE TABUNGAN Berhadiah dari Bank Sulselbar# Hadir lagi, Ayo buruan Daftar agar memenangkan Grand Prize Seperti:

- Grand Prize Mobil

-1 Unit Mobil Alphard

-1 Unit Mobil CR-V Turbo

-1 Unit Mobil HR-V CVT

-1 Unit Mobil Xpander

-1 Unit Mobil Fortuner

-1 Unit Mobil BR-V

-1 Unit Mobil BRIO

-1 Unit Mobil BMW -

10 Unit Motor Scopy -

8 Unit Motor Xmax-

10 Unit TV Led 50 in-

20 Unit Smarphone promax14

-10 Paket wisata Singapura

-10 Paket Umroh Gratis

Masih banyak keuntungan lainnya... info lebih lanjut tentang pendaftaran ( GEBYAR UNDIAN GRAND PRIZE BANK SULSELBAR) silakan klik menu ( Daftar ) yang kami sediakan."

Lalu benarkah postingan pendaftaran gebyar undian yang diadakan Bank Sulselbar?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi website resmi Bank Sulselbar, banksulselbar.co.id. Di sana justru terdapat imbauan agar masyarakat tidak tergiur dengan aksi penipuan yang mencatut nama bank tersebut di media sosial.

"Oknum tidak bertanggung jawab kerap melakukan tindakan penipuan melalui media sosial Whatsapp dan Instagram serta web profile yang mengatasnamakan Bank Sulselbar dengan menggunakan data pribadi pegawai maupun pimpinan Bank Sulselbar.

Bank Sulselbar tidak pernah menghubungi melalui nomor telepon atau akun media sosial pribadi apalagi meminta nasabah atau calon nasabah untuk mengirimkan atau mentransfer sejumlah uang.

Kontak resmi Bank Sulselbar:

Instagram: @banksulselbar.official

Website: www.banksulselbar.co.id.

Call Center: 1500855

Informasi yang berasal bukan dari kontak di atas berarti tidak resmi."

Selain itu dalam akun Instagram resmi Bank Sulselbar, @banksulselbar.official juga terdapat imbauan agar masyarakat waspada terhadap penipuan:

"Masih terjadi, harap berhati-hati. ‼️

Penipuan yang mengatasnamakan undian Bank Sulselbar, jangan sampai tertipu. Semua kegiatan ataupun hal-hal yang berbentuk undian kemudian akan di upload ke akun official Bank Sulselbar.

Di luar dari itu, kami pastikan palsu atau tak benar-benar terjadi. Terima kasih atas perhatiannya."

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bank Sulselbar (@banksulselbar.official)

Selain itu dalam postingan yang beredar terdapat link yang mengarah pada website yang bukan merupakan milik Bank Sulselbar. Di dalam website tersebut pengguna juga diminta untuk memasukkan nama lengkap, nomor handphone, dan nomor rekening.

Hal ini merupakan modus penipuan dan bisa membuat data pribadi kita bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sumber:

https://banksulselbar.co.id/

https://www.instagram.com/p/C4FEdUyPIuV/?img_index=1

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan pendaftaran gebyar undian yang diadakan Bank Sulselbar adalah hoaks.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini