Sukses

Deretan Foto Hoaks Terkini, Simak Faktanya Biar Tak Terpengaruh

Kumpulan foto hoaks terkini yang beredar di media sosial

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks yang beredar di media sosial disajikan dengan beragam kemasan, di antaranya dalam bentuk foto. Keberadaan informasi palsu ini harus diwaspadai sebab sulit dikenali.

Agar tidak terpengaruh foto hoaks sebaiknya kita lebih jeli dengan memastikan kebenaran yang didapat sebelum mempercayainya. Untuk memudahkan masyarakat mengenalinya, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah foto hoaks.

Berikut kumpulan foto hoaks terkini yang beredar di media sosial.

Foto Pasien RSJ Korban Gagal Caleg 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Februari 2024.

Unggahan klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024 menampilkan sejumlah orang menegnakan model baju yang sama dengan warna biru dan ungu yang sedang berada di dalam ruangan.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hari ini terpantau banyak pesanan kamar di RSJ.Ada antrian pasien korban gagal caleg 2024.Tetaplah bersyukur apapun keadaanmu hari iniLihat çaleg dari Partai oligarki banyak yg gagal calon uang sudah banyak habis ' rumah sakit jiwa ujung" nya😂😂😂"

Benarkah klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Prabowo Sakit Setelah Joget di Istora Senayan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Prabowo sakit setelah joget di Istora Senayan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 Februari 2024.

Klaim foto Prabowo sakit setelah joget di Istora Senayan memperlihatkan seorang sedang berbaring dengan tangan sebelah kiri tersabung benda kecil dan panjang seperti kabel.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "setelah pidato dan joget di Istora Senayan Capres Gemoy dirawat di rumah sakit? Ngeri dag dig dug".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"kasian p prabowo sakit, dia pengen jadi presiden dia melakukan apa saja biar pun itu dosa yang penting menang tapi p prabowo, gak sadar, dia cuman di memaafkan, jokowi, biar anak nya jadi presiden, kalo orang pinter pasti pilih no 1 atau 2 mohon maaf iya saya tidak benci sama p. Prabowo tapi saya tidak mau kipran jadi presiden nurut saya kurang baik, Untuk jadi presiden"

Benarkah klaim foto Prabowo sakit setelah joget di Istora Senayan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

3 dari 4 halaman

Foto Serah Terima Jabatan Presiden Jokowi ke Anies Baswedan

Beredar di media sosial postingan foto yang diklaim serah terima jabatan dari Presiden Jokowi ke Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang bersalaman dengan Anies Baswedan. Foto itu disertai narasi:

"Serah terima jabatan"

Lalu benarkah postingan foto yang diklaim serah terima jabatan dari Presiden Jokowi ke Anies Baswedan? Simak hasil penelusurannya di sini.....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.