Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pasien RSJ Dalam Foto Ini Korban Gagal Caleg 2024

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Februari 2024.

Unggahan klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024 menampilkan sejumlah orang menegnakan model baju yang sama dengan warna biru dan ungu yang sedang berada di dalam ruangan.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hari ini terpantau banyak pesanan kamar di RSJ.Ada antrian pasien korban gagal caleg 2024.Tetaplah bersyukur apapun keadaanmu hari iniLihat çaleg dari Partai oligarki banyak yg gagal calon uang sudah banyak habis ' rumah sakit jiwa ujung" nya😂😂😂"

Benarkah klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024</p>

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Pasien Rumah Sakit Jiwa Babel Kecewa Tak Bisa Nyoblos: Jalan Kaki pun Mau Bila Diizinkan Pulang" yang dimuat situs bangka.tribunnews.com, pada 17 April 2019.

Artikel situs bangka.tribunnews.com memuat foto yang identuk dengan klaim dan diberi keterangan sebagai berikut.

"Pasien RSJ Babel mengaku kecewa tak bisa menyoblos karena petugas KPPS tidak datang." 

 

 

<p>Penelusuran klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024</p>

 

Artikel situs bangka.tribunnews.com menyebutkan, salah satu pasien dengan gangguan kejiwaan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengaku sudah siap untuk melaksanakan hak suara di TPS 1 Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat, namun gagal karena petugas KPPS nya datang ke RSJ Babel, Rabu (17/04/2019).

"Kalau ada petugas KPPS nya saya siap menyoblos, saya adalah kecewa sedikit tapi tidak terlalu lah," katanya kepada bangkapos.com 

Diungkapkannya, sebenarnya kalau diperbolehkan atau diizinkan satu hari sebelum.pencoblosan ingin pulang ke rumah meskipun dengan berjalan kaki.

 

Sumber:https://bangka.tribunnews.com/2019/04/17/pasien-rumah-sakit-jiwa-babel-kecewa-tak-bisa-nyoblos-jalan-kaki-pun-mau-bila-diizinkan-pulang?page=all

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024 tidak benar.

Foto tersebut beredar sejak 2019, dalam foto adalah pasien dengan gangguan kejiwaan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sudah siap untuk melaksanakan hak suara di TPS 1 Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat, namun gagal karena petugas KPPS nya datang ke RSJ Babel.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.