Sukses

Ragam Hoaks Gunakan Modifikasi AI, dari Foto hingga Video

Hoaks menggunakan teknologi AI mulai banyak beredar di masyarakat. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks menggunakan teknologi AI mulai banyak beredar di masyarakat. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks yang menggunakan AI? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Foto Presiden Jokowi Ditangkap Polisi Ini Hasil Modifikasi AI

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi sedang ditangkap oleh polisi. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Jokowi sedang berlutut dipegang lengannya oleh sejumlah anggota kepolisian. Postingan itu disertai narasi:

"Anis menang kedungu'an dan rampok² elit politik insyaallah jeruji besi menanti"

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi sedang ditangkap oleh polisi? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Video Anies Baswedan Berpidato dengan Bahasa Arab

Beredar di media sosial postingan video Anies Baswedan sedang berpidato menggunakan bahasa Arab. Postingan itu beredar sejak awal pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 November 2023.

Dalam postingannya terdapat video Anies Baswedan dalam Bahasa Arab. Video itu disertai narasi:

"Kurang apa sih? Bahasa Inggris Ok, Bhs Arab juga Ok, saat ini waktunya punya pemimpin intelek dan santun. AMIN for Indonesia"

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Luar biasa Anies Baswedan pidato dgn bahasa arab"

Lalu benarkah postingan video Anies Baswedan sedang berpidato menggunakan bahasa Arab? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Video Pidato Prabowo Subianto Menggunakan Bahasa Arab

Beredar di media sosial postingan video Prabowo Subianto sedang berpidato menggunakan bahasa Arab. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Tiktok. Akun itu mempostingnya pada 8 November 2023.

Dalam postingannya terdapat video Prabowo Subianto sedang berpidato dengan menggunakan bahasa Arab. Postingan itu disertai narasi:

"tanpa di edit pakai AI bilau pun bisa bhs arab"

Lalu benarkah postingan video Prabowo Subianto sedang berpidato menggunakan bahasa Arab? Simak dalam artikel berikut ini..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini