Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pendaftaran Gebyar Undian BNI Awal Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran gebyar undian BNI awal tahun, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Februari 2024.

Klaim pendaftaran gebyar undian BNI awal tahun berupa tulisan sebagai berikut.

"๐™‚๐™š๐™—๐™ฎ๐™–๐™ง ๐™๐™ฃ๐™™๐™ž๐™–๐™ฃ ๐˜ฝ๐™‰๐™„ ๐˜ผ๐™ฌ๐™–๐™ก ๐™๐™–๐™๐™ช๐™ฃ

๐™†๐™๐™ช๐™จ๐™ช๐™จ ๐™‰๐™–๐™จ๐™–๐™—๐™–๐™ ๐˜ฝ๐™–๐™ฃ๐™ ๐˜ฝ๐™‰๐™„ ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™จ๐™ช๐™™๐™–๐™ ๐™ˆ๐™š๐™ข๐™ฅ๐™ช๐™ฃ๐™ฎ๐™–๐™ž ( ๐™ˆ๐™ค๐™—๐™ž๐™ก๐™š ๐™—๐™–๐™ฃ๐™ ๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ช ๐™Ž๐™ข๐™จ ๐™—๐™–๐™ฃ๐™ ๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐˜ฝ๐™ฃ๐™ž ) ๐˜ผ๐™ฎ๐™ค ๐™—๐™ช๐™ง๐™ช๐™–๐™ฃ ๐™™๐™–๐™›๐™ฉ๐™–๐™ง ๐™–๐™œ๐™–๐™ง ๐™ ๐™–๐™ข๐™ช ๐™—๐™š๐™ง๐™ ๐™š๐™จ๐™š๐™ข๐™ฅ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ฃ ๐™ข๐™š๐™ฃ๐™Ÿ๐™–๐™™๐™ž ๐™ฅ๐™š๐™ข๐™š๐™ฃ๐™–๐™ฃ๐™œ

โ–ช๏ธŽ2 ๐™๐™ฃ๐™ž๐™ฉ ๐™ˆ๐™ค๐™—๐™ž๐™ก ๐™‡๐™–๐™ฃ๐™™ ๐™๐™ค๐™ซ๐™š๐™ง

โ–ช๏ธŽ2 ๐™๐™ฃ๐™ž๐™ฉ ๐™ˆ๐™ค๐™—๐™ž๐™ก ๐™๐™ง๐™ž๐™ฉ๐™ค๐™ฃ ๐˜ฟ๐™ค๐™ช๐™—๐™ก๐™š ๐˜พ๐™–๐™—๐™ž๐™ฃ

โ–ช๏ธŽ 17 ๐™๐™ฃ๐™ž๐™ฉ ๐™ˆ๐™ค๐™—๐™ž๐™ก ๐™ƒ๐™ฎ๐™ช๐™ฃ๐™™๐™–๐™ž

โ–ช๏ธŽ 195 ๐™๐™ฃ๐™ž๐™ฉ ๐™ˆ๐™ค๐™ฉ๐™ค๐™ง ๐˜ฝ๐™š๐™–๐™ฉ ๐™Ž๐™ฅ๐™ค๐™ง๐™ฉ๐™ฎ

๐™†๐™ก๐™ž๐™  ๐˜ฟ๐™–๐™›๐™ฉ๐™–๐™ง ๐™๐™ฃ๐™ฉ๐™ช๐™  ๐˜ฟ๐™–๐™ฅ๐™–๐™ฉ๐™ ๐™–๐™ฃ ๐™†๐™ช๐™ฅ๐™ค๐™ฃ ๐™๐™ฃ๐™™๐™ž๐™–๐™ฃ"

Tulisan tersebut disertai tautan yang diklaim untuk mendaftar undian.

Benarkah klaim pendaftaran gebyar undian BNI awal tahun? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

ย 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuriย klaim pendaftaran gebyar undian BNI awal tahun, penelusuran mengarah pada akun Instagram resmi BNI Kantor Cabang Medan @bnimedan, salah satu unggahan akun Instagram tersebut, pada 8 Januari 2024 mengulas tentang maraknya penipuan program berhadiah mengatasnamakan BNI.

Modus penipuan ini meminta calon korban untuk mengisi nomor telepon, nomor kartu, hingga kode CVV yang ada di website palus dengan iming-iming hadiah menarik.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"BNI meminta masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan program undian berhadiah yang marak di media sosial belakangan ini. Terbaru, penipuan program undian berhadiah mengatasnamakan BNI banyak tersebar di media sosial dengan tagline โ€œGebyar Undian Berhadiahโ€. BNI memastikan, hal tersebut merupakan PENIPUAN.

Saat ini, BNI tidak ada program undian berhadiah. Adapun link resmi BNI yang dapat diakses untuk mengetahui program-program BNI adalah https://www.bni.co.id/id-id/beranda/promoacara/promoperbankan/articleid/21588.

Oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan program tersebut untuk mengelabui korban dengan cara membawa narasi program yang telah usai tersebut dan menyebarkan link palsu yang ditujukan untuk melakukan penipuan.

Secara teknik modus penipuan yang digunakan oleh pelaku kejahatan tersebut adalah dengan membuat akun palsu mengatasnamakan BNI di Facebook. Kemudian pelaku membuat postingan dengan narasi bahwa adanya gebyar hadiah dari BNI. Dari postingan tersebut, calon korban diarahkan untuk mengeklik website phishing.

Website phishing meminta calon korban untuk mengisi nomor handphone, kredensial kartu debit seperti nomor kartu, expired date, kode CVV, hingga total saldo di rekening. Kemudian diakhiri dengan form pengisian kode OTP. Hal ini dapat menyebabkan kerugian finansial bagi siapa saja yang mengisinya.

Tak jarang, akun palsu mengatasnamakan BNI membuat postingan dengan mengambil konten terbaru dari akun resmi BNI kemudian menyelipkan narasi adanya gebyar hadiah yang mengarah pada website phishing. Oleh karena itu, jika menerima informasi mencurigakan, hubungi BNI Call 1500046 ya BNI Hi-Movers."

Dalam akun Instagram resmi Bank Negara Indonesia @bni46, terdapat unggahan sebagai yang mengingatkan untuk kita mewaspadai akun media sosial yang mengatasnamakan PT Bank Negara Indonesia, akun Facebook resmi PT Bank Negara Indonesia adalah 'BNI'.

Sumber:

https://www.instagram.com/p/C13z5U-vnXm/

https://www.instagram.com/bnimedan/p/C11I1NxLyNz/?img_index=2ย 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuranย Cek Fakta Liputan6.com, klaim pendaftaran gebyar undian BNI awal tahun tidak benar.

BNI memastikan, hal tersebut merupakan penipuan.ย BNI meminta masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan program undian berhadiah yang marak di media sosial belakangan ini. Terbaru, penipuan program undian berhadiah mengatasnamakan BNI banyak tersebar di media sosial dengan tagline โ€œGebyar Undian Berhadiahโ€.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanalย Cek Fakta Liputan6.comย pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018,ย Cek Fakta Liputan6.comย bergabung dalamย International Fact Checking Network (IFCN)ย dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatifย cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautanย berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini