Sukses

Kumpulan Hoaks Catut Nama Sri Mulyani, Dipecat Jokowi hingga Dukung Paslon Tertentu

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani tak lepas dari sasaran hoaks. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar melalui media sosial.

Lalu apa saja hoaks seputar Sri Mulyani? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Poster Sri Mulyani Berikan Imbauan untuk Mencoblos Pasangan Ganjar-Mahfud

Beredar di media sosial postingan poster dukungan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Capres - Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 21 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat poster Sri Mulyani dengan narasi sebagai berikut:

"Dr Srimulyani: Sudah Gak Usah Tengok Kanan Kiri Tanggal 14 Prebuari 2024 Masuk Bilik Suara Coblos No 3 Ganjar-Mahfud"

Akun itu juga menambahkan narasi "Orang BAIK dan CERDAS (Menteri Keuangan DR SRI MULYANI)pasti pilih 03 Ganjar Mahfud...good job"

Lalu benarkah postingan poster dukungan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Capres - Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Kabar Sri Mulyani Dipecat Jokowi, Dianggap Tak Becus Urus Uang Negara

Kabar tentang Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dipecat Jokowi karena dianggap tak becus urus uang negara beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 24 Maret 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "BREAKING NEWS SRI MULYANI DI PECAT JOKOWI SEBUT DIA TAK BECUS URUS UANG NEGARA".

Video berdurasi 11 menit 1 detik itu menampilkan gambar thumbnail Sri Mulyani dan Jokowi. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar Sri Mulyani dipecat Jokowi karena dianggap tak becus urus uang negara.

"JOKOWI P£C4T KEMENKEU SRI MULYANI KARNA TAK B£CVS URU$ UANG NEGARA," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3000 kali direspons dan mendapat 1.300 komentar dari warganet.

Benarkah kabar tentang Sri Mulyani dipecat Jokowi karena dianggap tak becus urus uang negara? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Sri Mulyani Sebut Indonesia akan Bangkrut Jika Prabowo Presiden

Beredar di media sosial postingan Menkeu Sri Mulyani yang menyebut Indonesia akan bangkrut jika Prabowo Subianto menjadi presiden. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Februari 2024.

Dalam unggahannya terdapat foto Sri Mulyani dengan narasi sebagai berikut:

"Dr Srimulyani Menkeu: Prabowo Presiden Indonesia Bangkrut!"

Lalu benarkah postingan Menkeu Sri Mulyani yang menyebut Indonesia akan bangkrut jika Prabowo Subianto menjadi presiden? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini