Sukses

Waspada Video Wawancara yang Dijadikan Bahan Hoaks, Simak Daftarnya Biar Tak Terpengaruh

Liputan6.com, Jakarta- Pembuat hoaks memanfaatkan apa saja agar informasi yang disampaikan dipercaya penerimanya, salah satunya adalah memanfaatkan video wawancara yang dilakukan kepada sejumlah tokoh.

Hoaks yang kemasannya berupa video wawancara tersebut sulit dikenali. Pasalnya, suara dan gestur bibir dalam video nampak asli. Namun setelah ditelusuri lebih dalam baru terungkap video tersebut adalah hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks yang memanfaatkan video wawancara, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan video wawancara yang dijadikan bahan hoaks.

Video Rosiana Silalahi Mewawancarai Dokter Terawan Terkait Terobosan Atasi Hipertensi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video wawancara Rosiana Silalahi dengan Dokter Terawan Agus Putranto terkait terobosan mengatasi hipertensi.

Klaim video wawancara Rosiana Silalahi dengan Dokter Terawan terkait terobosan mengatasi hipertensi menampilkan Rosiana Silalahi dan Dokter Terawan yang sedang berdialog, dalam video tersebut terdapat logo kompas Tv dan program acara ROSI.

Berikut transkrip dialog dalam video tersebut.

Rosi:

"Dokter beritahu kami bagaimana penderita tekanan darah tinggi perlu melawan hipertensi mungkin ada obat ajaib atau metode ajaib, bagikan pengalaman Anda kepada pembaca yang mempunyai masalah dengan tekanan darah.

Sehingga mereka akhirnya bisa melupakan penyakit darah tinggi, saya yakin ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca."

Dokter Terawan:

"Tahukah anda bahwa orang selalu berbohong kepada anda ketika mengatakan bahwa hipertensi tidak dapat disembuhkan, seorang ilmuwan muda membuat penemuan revolusioner yang mengubah segala pemikiran kita tentang tekanan darah tinggi, mereka mengungkapkan kepada dunia bahwa penyebab utama hipertensi tidak ada hubungannya dengan latar belakang genetik, gaya hidup yang buruk, obesitas usia atau genetika, dan industri farmasi yang korupsi tidak mempunyai cara untuk mengatasi akar permasalahannya.

Faktanya apa yang ditemukan para ilmuwan ini akan mengejutkan dan bahkan membuat anda takut jika anda menderita tekanan darah tinggi pengolahan kalium dalam serum darah terganggu, sehingga menyebabkan darah mengental dan menurunkan fungsi jantung dan pembuluh darah, sehingga darah tidak dapat bersirkulasi pada titik ini tekanan meningkat dan semakin lama pembekuan darah tetap terkontaminasi semakin besar, kemungkinan terjadinya hipertensi yang dapat menimbulkan konsekuensi Serius.

Dunia medis merayakan solusi revolusioner yaitu membuat terobosan dalam pengobatan hipertensi dan bagian terbaiknya adalah hal ini tidak ada hubungannya dengan bahan kimia obat-obatan berbahaya atau pola makan gila dan anda dapat melakukannya hari ini dengan aman dan nyaman di rumah Anda sendiri.

Solusi ini mengatasi penyebab sebenarnya dari hipertensi yang mengganggu kesehatan secara gratis, tentang akar permasalahan dan metode yang telah memulihkan kehidupan ribuan pria dan wanita, membantu mereka memulihkan tekanan darah yang stabil dan mencegah risiko stroke anemia dan penyakit lainnya dan cepat yang bisa dilakukan setiap hari di rumah, ini adalah metode yang sama yang digunakan lebih dari 80.000 orang untuk menurunkan tekanan darah mereka.

Dan inilah yang akan membantu Anda menyembuhkan penyakit mengerikan anda untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana hal ini dapat dilakukan.

Saya baru saja menerbitkan tutorial kecil yang mengungkapkan semua Rahasianya namun penting untuk bertugas karena video kami dapat dihapus kapan saja karena tekanan kuat dari perusahaan farmasi jangan korups, jangan lewatkan kesempatan ini tunggu apalagi penyakit darah tinggi akan hilang dalam sehari klik Lebih detail dan kendalikan kesehatan anda"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️ 9,8/10Tekanan darah Anda akan menjadi 120/80 dan Anda akan kembali normal"

Benarkah klaim video wawancara Rosiana Silalahi dengan Dokter Terawan terkait terobosan mengatasi hipertensi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Najwa Shihab Wawancara Mantan Menkes Nila Moeloek Terkait Obat Prostatitis

Cek Fakta Liputan6.com mendapati video wawancara Najwa Shihab dengan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek terkait rekomendasi obat prostatitis.

Video wawancara Najwa Shihab dengan mantan Menkes Nila Moeloek terkait rekomendasi obat prostatitis, diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Januari 2024.

Video tersebut menampilkan Najwa Shihab sedang berbicara, dengan transkrip sebagai berikut.

"Saya melihat iklan online anda merekomendasikan prostanore sebagai obat terbaik prostatitis, apakah ini benar?"

Pada tayang berikutnya muncul sosok mantan Menkes Nila Moeloek berbicara menjawab pertanyaan tersebut.

Berikut transkripnya:

"Ya saya telah memutuskan untuk membantu tidak hanya pasien saya tetapi mereka yang tidak dapat datang untuk berkonsultasu, saya merekomendasikan prostanore kepada semua pasien saya.

Anda mungkin ragu tetapi saya siap mempertaruhkan reputasi saya untuk mengembalikannya, kegembiraan hidup tanpa prostatitis, produk dapat dipesan diwebsite kami dengan harga murah."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"🚨Waspada Pria! Rahasia Mengatasi Prostatitis Terungkap, Cara Ini Bisa..."

Benarkah video wawancara Najwa Shihab dengan mantan Menkes Nila Moeloek terkait rekomendasikan obat prostatitis? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

3 dari 4 halaman

Video Najwa Shihab Wawancara Raffi Ahmad tentang Bisnis Situs Baru

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Najwa Shihab wawancara Raffi Ahmad tentang bisnis situs baru, informasi tersebut diunggah pada 14 Januari 2024.

Unggahan klaim Najwa Shihab wawancara Raffi Ahmad tentang bisnis situs baru menampilkan Najwa Shihab yang sedang mewawancarai Raffi Ahmad.

Berikut transkrip percakapannya.

Najwa Shihab:

Selamat siang Mas Rafi saya dengar akhir-akhir ini saya dengar Mas Rafi sedang sibuk dengan bisnis barunya yaitu Wing Bola, apakah benar seperti itu?

Rafi Ahmad:

Ya betul saya mendirikan situs Wing Bola ini dengan tujuan berbagi-bagi dengan masyarakat Indonesia dan juga menghindari masyarakat Indonesia tertipu dengan situs abal-abal, di Wing Bola saja memberikan jaminan maxwin kepada 2 ribu orang pertama yang mendaftar disetiap harinya dan jika tidak mendapat maxwin uang akan kami kembalikan.

Najwa Shihab:

Syarat dan ketentuannya itu seperti apa Mas Rafi?

Rafi Ahmad:

Nggak pake syarat ribet-ribet dah kalau ditempat saya, cukup daftar langsung ketika melihat video ini.

Najwa Shihab:

Jadi cukup daftar saja ya Mas Rafi ketika melihat video ini, baik kalau begitu terimakasih atas penjelasanya Mas Rafi, semoga masyarakat Indonesia bisa terbantu dengan situs Mas Rafi ini, saya Najwa Shihab selamat siang.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"WAWANCARA PALING VIRAL DENGAN PEMILIK ENTERTAINTMENT TERBESAR SEINDONESIA"

Benarkah video Najwa Shihab wawancara Raffi Ahmad tentang bisnis situs baru? Simak dalam artikel berikut ini....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini