Sukses

Cek Fakta: Video Konser Rhoma-Iwan Fals Ini Tidak Terkait dengan Dukungan untuk Pasangan AMIN

Beredar di media sosial postingan video Rhoma Irama dan Iwan Fals sedang melakukan konser mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video konser Rhoma Irama dan Iwan Fals berduet mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Tiktok. Akun itu mempostingnya pada 25 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat Rhoma Irama dan Iwan Fals sedang bernyanyi di atas panggung. Namun dalam video tersebut terdapat narasi:

"H. Rhoma Irama, Iwan Fals dua legenda berdiri di barisan AMIN. Amin aja dulu"

Lalu benarkah postingan video konser Rhoma Irama dan Iwan Fals berduet mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN)?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan video yang identik dengan postingan. Video itu diunggah di Vidio.com oleh akun Indosiar dengan judul "Pesta Perak Luv Indosiar 25" pada 12 Januari 2020.

Dalam video tersebut memang Rhoma Irama dan Iwan Fals bernyanyi bersama di atas panggung. Namun mereka hadir dalam merayakan ulang tahun Indosiar ke-25.

<p>Cek fakta video Rhoma Irama dan Iwan Fals konser dukung pasangan Amin.</p>

Penelusuran dilanjutkan dan menemukan artikel dari Liputan6.com berjudul "Rhoma Irama dan Iwan Fals Haru Birukan Konser Pesta Perak 25 Indosiar" yang tayang pada 12 Januari 2020.

Berikut isi artikelnya:

"Liputan6.com, Jakarta - Dua penampil yang paling dinanti dalam Konser Pesta Perak 25 Indosiar, Rhoma Irama dan Iwan Fals akhirnya muncul di panggung, pada Minggu (12/1/2019) malam, di JCC senayan, Jakarta Pusat.

Sebelum bernyanyi, Iwan Fals dan Rhoma Irama berjalan bersama ke tengah panggung. Pelantun lagu "Bento" kemudian mencium tangan Rhoma Irama sebagai ungkapan rasa hormat.

Sambil memetik gitarnya, Iwan Fals dan Rhoma Irama melantunkan lagu milik Soneta, "Mirasantika." Meski dikenal luas sebagai penyanyi pop, namun Iwan Fals sanggup membawakan lagu ini dengan apik.

Setelah "Mirasantika," giliran Rhoma Irama yang menyanyikan lagu milik Iwan Fals secara duet, "Buku Ini Aku Pinjam." Lagu ini dibawakan dengan sentuhan musik dangdut.

"Banyak yang mau diomongkan tapi begitu sampai sini hilang. Saya saking ininya... sampai tenggorok keset," kata Iwan Fals usai menyanyikan "Buku Ini Aku Pinjam."

Selanjutnya, mereka membawakan lagu "Judi" dan "Santai." Para penonton kian bersemangat dan ikut bergoyang mengikuti alunan lagu. Iwan Fals tampaknya sangat grogi berada satu panggung bersama Sang Raja Dangdut. Baginya, momen kolaborasi itu terasa seperti mimpi.

"Saya ini mimpi apa, pengin santai tapi susah setengah mati. Bagaimana Bang Haji? Harus banyak zikir kali, ya?" ucapnya.

Rhoma Irama dan Iwan Fals pun mengakhiri penampilan mereka dengan lagu pamungkas yang berjudul "Bongkar". Panggung Konser Pesta Perak 25 Indosiar menjadi saksi sejarah atas kolaborasi dua penyanyi legendaris Tanah Air ini.

Sebagai bentuk kenang-kenangan, Rhoma Irama memberi Iwan Fals gitar bertanda tangan. Musikus berusia 58 tahun ini sangat terharu atas pemberian tersebut. "Izinkan saya memberi cendera mata untuk Anda. Semoga ini bisa menjadi kenang-kenangan persahabatan kita," beri tahu Rhoma Irama sembari memberikan gitarnya.

"Di rumah ada masjid, semoga Bang Haji bisa menjadi imam di sana," sahut Iwan Fals dengan mata berkaca-kaca. Seisi studio kemudian menyanyikan lagu "Kemesraan." Di pengujung penampilan, pertahanan Rhoma Irama pun runtuh. Ia tidak lagi bisa menahan air matanya. Rhoma lalu tersenyum dan memeluk Iwan Fals."

Sumber:

https://www.vidio.com/watch/1875840-pesta-perak-luv-indosiar-25

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4154063/rhoma-irama-dan-iwan-fals-haru-birukan-konser-pesta-perak-25-indosiar?page=5

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video konser Rhoma Irama dan Iwan Fals berduet tidak terkait dengan dukungan untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Faktanya video tersebut diambil saat keduanya tampil di konser ulang tahun Indosiar ke-25 pada 12 Januari 2020.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.