Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar AFC Akan Jadwal Ulang Laga Timnas Indonesia Vs Irak di Piala Asia 2023

Beredar di media sosial postingan yang menyebut AFC akan menjadwalkan ulang laga Timnas Indonesia melawan Irak di Piala Asia 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial posting-an yang menyebut AFC akan menjadwalkan ulang laga Timnas Indonesia melawan Irak di Piala Asia 2023. Posting-an itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mem-posting-nya pada 16 Januari 2023.

Dalam posting-annya terdapat video dengan judul sebagai berikut:

"GEGERKAN PIALA ASIA‼️AFC RESMI JADWAL ULANG LAGA INDONESIA VS IRAQ, KARENA INDIKASI WASIT CURANG"

Lalu benarkah postingan yang menyebut AFC akan menjadwalkan ulang laga Timnas Indonesia melawan Irak di Piala Asia 2023?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka video dalam postingan secara lengkap. Di dalam video tidak disebutkan klaim seperti yang ditulis di judul.

Video hanya membacakan narasi terkait kontroversi gol kedua Irak yang dianggap offside oleh Timnas Indonesia. Selain itu, video juga membacakan potensi yang akan didapat jika ada kecurangan yang dilakukan oleh wasit.

Penelusuran dilanjutkan dengan membuka laman resmi Piala Asia 2023, AFC.com. Di sana tidak ditemukan informasi terkait adanya pertandingan ulang antara Timnas Indonesia melawan Irak di Piala Asia 2023.

Di sisi lain, Timnas Indonesia memang melayangkan protes resmi ke AFC terkait kontroversi dalam laga melawan Irak. Liputan6.com menulisnya dalam artikel berjudul "Piala Asia 2023: Gol Irak Offside, Timnas Indonesia Layangkan Protes pada AFC" yang tayang pada 16 Januari 2024.

Berikut isi artikelnya:

"Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia melayangkan protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC terkait keputusan wasit Tantashev Ilgiz yang mensahkan gol kedua Irak pada laga Grup D Piala Asia 2023. Protes dilayangkan usai pertandingan pdi Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, (15/1/2024) malam WIB.

Manajer Timnas Indonesia Endri Erawan mengatakan pihaknya sangat kecewa dengan keputusan wasit asal Uzbekistan itu atas gol kedua Irak. Sebab, tidak membatalkan gol Osama Rashid meski telah menggunakan peninjauan dari rekaman VAR.

Dalam rekaman VAR, Osama terlihat offside sebelum menjebol gawang Timnas Indonesia yang dikawal Ernando Ari. "Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak," kata Endri usai pertandingan seperti dikutip dari Antara.

"Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan."

Meski surat protes tidak dapat mengubah hasil melawan Irak, sikap tegas Timnas Indonesia diharapkan bisa membuat perangkat pertandingan bisa lebih tegas dan cermat dalam membuat keputusan.

"Setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," ucap Endri."

Sumber:

https://www.liputan6.com/bola/read/5506055/piala-asia-2023-gol-irak-offside-timnas-indonesia-layangkan-protes-pada-afc?page=2

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut AFC akan menjadwalkan ulang laga Timnas Indonesia melawan Irak di Piala Asia 2023 adalah tidak benar. Faktanya tidak ada informasi valid terkait klaim tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini