Sukses

Daftar Hoaks Seputar Tsunami Jepang, Simak Faktanya

Keberadaan hoaks seputar Tsunami Jepang yang terjadi 1 Januari 2024 harus diwaspadai, sebab dapat menyesatkan bahkan merugikan.

Liputan6.com, Jakarta- Tsunami Jepang yang terjadi 1 Januari 2024 dijadikan bahan hoaks, hal ini diungkap Cek Fakta Liputan6.com setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi.

Keberadaan hoaks seputar Tsunami Jepang yang terjadi 1 Januari 2024 harus diwaspadai, sebab dapat menyesatkan bahkan merugikan.

Untuk mengetahui hoaks seputar Tsunami Jepang, simak kumpulannya dalam daftar berikut ini.

Video Peristiwa Gempa dan Tsunami Jepang 1 Januari 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video peristiwa gempa bumi dan tsunami di Jepang 1 Januari 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 3 Januari 2024.

Klaim video peristiwa gempa bumi dan tsunami di Jepang 1 Januari 2024 menampilkan arus air yang menerjang sejumlah bangunan dan kendaraan, telihat aliran tersebut membawa puing-puing bangunan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"1 Januari 2024. Gempa yg di susul Tsunami di Jepang."

Benarkah klaim video peristiwa gempa bumi dan tsunami di Jepang 1 Januari 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Video Tsunami Jepang pada Awal 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video tsunami Jepang pada awal 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 1 Januari 2023.

Unggahan klaim video tsunami Jepang pada awal 2024 menampilkan mobil yang sedang berjalan dan sejumlah orang berlari menuju arah kamera di antara bangungan. Kemudian dalam video tersebut muncul gelombang air disertai dengan berbagai benda seperti puing bangunan dan kendaraan. Terlihat arus deras terus menuju arah kamera disertai dengan suara teriakan sejumlah orang.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"GEMPA M 7,6 SUNAMI

GUNCANG JEPANG !!!

WARGA PESISIR DIMINTA EVAKUASI KELOLASI YANG LEBIH TINGGI !!!

Detik-Detik Sunami !!!

Berita Mengejutkan datang dari Jepang, Gempa Bumi telah terjadi dengan kekuatan M 7,6 di awal 2024 ini.

Tampak dari unggahan akun fcktura (1/1/2024) dari kejauhan riuh suara air Tsunami mulai mendekat.

Terlihat beberapa orang berupaya selamatkan diri sambil berlari menuju tempat yang lebih tinggi.

Terdengar suara orang-orang panik peringatkan warga lain yang tengah berusaha lari dari kepungan air tsunami.

Badan Meteorologi Jepang keluarkan peringatan t-sunami di sepanjang wilaya pesisir barat dari Ishikawa, Niigata dan Toyama.

Terdengan suara orang-orang panik peringatkan warga lain yang tengah berusaha lari dari kepungan air tsunami."

Benarkah klaim video tsunami Jepang pada awal 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini