Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Ganjar Pranowo Salat di Gereja Didampingi Pastor

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ganjar Pranowo salat di Gereja didampingi pastor.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Ganjar Pranowo salat di Gereja didamping pastor, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 3 Januari 2023.

Klaim foto Ganjar Pranowo salat di Gereja didampingi pastor menampilkan seorang berdiri mengenakan penutup kepala hitam, masker merah putih dengan kedua tangan yang terangkat, berada di antara dua orang mengenakan baju seperti jubah berwarna putih.

Foto tiga orang tersebut berlatar belakang ornamen bunga dan gambar seorang yang berdiri di depan salib.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Ganjar Pranowo Sholat di Gereja Semarang di Dampingi Pastor Gereja"

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"nyimak dgn kehadiran pengikut2 wan uban dgn otak keterbatasan??🤣🤣"

Benarkah klaim foto Ganjar Pranowo salat di Gereja didampingi pastor? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ganjar Pranowo salat di Gereja didampingi pastor, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim foto Ganjar Pranowo salat di Gereja didampingi pastor</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Ganjar Pranowo Cek Sejumlah Gereja di Semarang saat Perayaan Natal" yang dimuat situs daerah.sindonews.com, pada 25 Desember 2021. 

<p>Penelusuran klaim foto Ganjar Pranowo salat di Gereja didampingi pastor</p>

Foto yang dimuat dalam artikel situs Daerah.sindonews.com terdapat sejumlah komposisi yang identik dengan klaim, yaitu dua orang berbaju putih, latar belakang ornamen bunga dan gambar seorang yang berdiri dengan latar belakang salib. Dalam foto tersebut terdapat Ganjar Pranowo namun tidak sedang melakukan gerakan salat seperti yang ada di dalam klaim.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek sejumlah gereja di Semarang saat perayaan Natal"

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Salat Id di Simpang Lima, Ganjar : Suasananya Menggembirakan" yang dimuat situs Jatengprov.go.id, pada 2 Mei 2022.

Dalam situs Jatengprov.go.id telihat sosok yang ada pada klaim foto yaitu berdiri mengenakan penutup kepala hitam, masker merah putih dengan kedua tangan yang terangkat.

 

 

<p>Tangkapan layar klaim foto Ganjar Pranowo salat di Gereja didampingi pastor</p>

Artikel situs Jatengprov.go.id menyebutkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaksanakan Salat Idulfitri di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Senin (2/5/2022). Ini menjadi yang pertama setelah dua tahun sebelumnya, Ganjar melaksanakan secara terbatas di rumah jabatannya.

Berangkat pukul 06.00 WIB dari kediaman dinas, Ganjar langsung bergabung dengan jemaah yang telah memadati kawasan Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Antusiasme masyarakat yang terus berdatangan pun membuat panitia memberi tambahan waktu lima menit.

“Suasananya luar biasa. Tadi kita undur lima menit karena antusiasme masyarakat yang tadi sempat berlari-lari, tentu suasananya sangat menggembirakan,” ujar Ganjar ditemui usai Salat Id.

Sumber: 

https://daerah.sindonews.com/read/638945/707/ganjar-pranowo-cek-sejumlah-gereja-di-semarang-saat-perayaan-natal-1640423538

 https://jatengprov.go.id/publik/salat-id-di-simpang-lima-ganjar-suasananya-menggembirakan/

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Ganjar Pranowo salat di Gereja didampingi pastor tidak benar.

Foto tersebut merupakan hasil editan dari dua foto yang berbeda, foto pertama pada momen Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek sejumlah gereja di Semarang saat perayaan Natal dan foto kedua momen Ganjar Pranowo melaksanakan Salat Idulfitri di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Senin (2/5/2022).

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini