Sukses

Kumpulan Video Hoaks Terkini, dari Seputar Politik hingga Perisitiwa

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah video hoaks.

Liputan6.com, Jakarta- Peredaran video hoaks di media sosial harus diwaspadai, sebab sulit dikenali dan bisa dengan mudah menyesatkan kita.

Agar tidak tersesat oleh video hoaks sebaiknya kita mengetahui ragam video hoaks yang sedang sedang beredar, salah satu caranya mengunjungi halaman berikut ini....

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah video hoaks, simak kumpulannya dalam daftar berikut ini.

Kemenkes Keluarkan Surat Edaran Kewajiban Pemakaian Masker Lagi pada Masyarakat

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai berisi Kemenkes mengeluarkan surat edaran kewajiban memakai masker lagi pada masyarakat. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 16 Desember 2023.

Berikut isi postingannya:

"Pemakaian masker di Indonesia mulai 15 Desember 2023 Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/1042/2023 tanggal 6 Desember 2023, penggunaan masker di Indonesia mulai 15 Desember 2023 akan mengikuti ketentuan sebagai berikut: Pemakaian masker tetap wajib di tempat-tempat umum tertutup, seperti transportasi umum, fasilitas pelayanan kesehatan, fasilitas umum lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan orang."

Lalu benarkah pesan berantai berisi Kemenkes mengeluarkan surat edaran kewajiban memakai masker lagi pada masyarakat? Simak dalam artikel berikut ini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video SBY Arahkan Coblos Capres-Cawapres Nomor Urut 1

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Desember 2023.

Klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN, menampilkan SBY berbicara "coblos nomor satu" dengan mengacungkan jari telujuk dari tangan kanannya.

Dalam video tersebut terdapat tulisan  sebagai berikut.

"salam perubahan untuk persatuan

Siap pak sy Akan Coblos No. 1"

Dalam video tersebut juga disertakan foto pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Benarkah klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 AMIN? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

3 dari 4 halaman

Video Penampakan Semburan Lahar Panas Gunung Marapi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penampakan semburan lahar panas Gunung Marapi, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Desember 2023.

Unggahan klaim video penampakan semburan lahar panas Gunung Marapi menampilkan kondisi gelap kemudian terlihat cahaya berwarna merah dalam video tersebut beberasa saat cahaya tersebut turun.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Penampakan semburan lahar panas dari gunung Marapi Malam ini Rabu, 6 Desember 2023"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Semburan lahar panas gunung marapi malam ini"

Benarkah klaim video penampakan semburan lahar panas Gunung Marapi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini