Sukses

Kominfo Rilis Visi Indonesia Digital 2045

Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi merilis Visi Indonesia Digital (VID) 2045 sebagai bentuk dukungannya terhadap Visi Indonesia Emas 2045.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi merilis Visi Indonesia Digital (VID) 2045 sebagai bentuk dukungannya terhadap Visi Indonesia Emas 2045.

Sebagai pendoman para stakeholder, Visi Indonesia Digital 2045 sengaja diciptakan untuk mencapai target nasional jangka panjang dan diharapkan mampu mengakselerasi transformasi menuju transformasi digital serta bedaya saing tinggi.

"Visi Indonesia Digital 2045 menawarkan rute alternatif guna memperkaya berbagi upaya dan strategi yang sudah ada dengan menyoroti pemanfaatan teknologi digital secara produktif dan terarah," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi dikutip dari situs menpan.go.id, Jumat (15/12/2023).

Budi berpendapat bahwa VID 2045 berfokus pada pembangunan berbagai dokumen strategis bidang digital, termasuk rencana induk industri digital 2045 yang disusun oleh Bappenas dan juga strategi nasional ekonomi digital yang telah diluncurkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada minggu lalu.

Dokumen strategis ini mengajak para stakeholder merefleksikan semangat kolaboratif dalam mendukung realisasi transformasi digital indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

"Saya berharap VID 2045 itu dapat menjadi acuan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam membuat sekaligus mengimplementasikan berbagai kebijakan yang ditujukan untuk dapat mewujudkan dan menyukseskan transformasi digital Indonesia," ucap Budi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba menyatakan bahwa VID 2045 telah disusun dan dikaji bersama salah satu konsultan internasional sejak tahun lalu.

Hasil kajian tersebut kembali dirundingkan oleh para stakeholder untuk mencapai kesepakatan ideal, setelah itu barulah VID 2045 diperkenalkan secara resmi kepada publik.

"VID (2024) merupakan opsi rekomendasi arah kebijakan dalam perencanaan transformasi digital dengan mengusung tema mewujudkan ekosistem digital yang inklusif dan kolaboratif berbasis inovasi untuk mendukung Indonesia maju berdaulat dan berkelanjutan. VID mengurai fisik tersebut ke dalam misi sasaran dan strategi," tutur Mira.

VID 2045 diposisikan sebagai opsi rekomendasi yang bersifat living document, sehingga akan terus diperbarui sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan negara.

"Kami berharap VID dapat menjadi inspirasi dan dorongan bagi kita semua untuk terus bekerja sama bersinergi berkolaborasi dalam menuntaskan agenda transformasi digital. Untuk itu mari kita bersama membangun Indonesia digital untuk Indonesia maju," tambah Mira.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.