Sukses

Kumpulan Video Hoaks Seputar Beras Plastik, dari Pembuatan sampai Penyaluran

Berikut kumpulan hoaks seputar beras plastik

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar beras plastik terus bermunculan di media sosial, informasi palsu tersebut disajikan dengan beragam kemasan salah satunya berbentuk video.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah video hoaks seputar beras plastik, mulai dari proses produksi hingga penyebarannya.

Berikut kumpulan hoaks seputar beras plastik.

Video Proses Pembuatan Beras Plastik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video proses pembuatan beras plastik, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Oktober 2023.

Klaim video proses pembuatan beras plastik menampilkan seorang memasukan benda berbentuk lembaran transparan ke sebuah mesin kemudian dari mesin tersebut keluar benda panjang seperti untaian tali dalam sebuah mesin. Benda tersebut dimasukan kembali pada rangkaian mesin dan mengasilkan benda berbentuk butiran putih.

Dalam video terdapat tulisan sebagai berikut.

"BAHAYA

Proses pembuatan beras plastik"

Benarkah klaim video proses pembuatan beras plastik? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Pabrik Beras Palsu dari Plastik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pabrik beras dari plastik, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Oktober 2023.

Unggahan klaim video pabrik beras palsu dari plastik menampilkan seorang sedang mengurai benda berbentuk lembaran transparan. Kemudian benda tersebut dimasukkan ke dalam mesin.

Dari proses dimasukkannya lembaran transparan tersebut, mesin mengubah bentuknya menjadi helaian benang, kemudia dimasukkan ke dalam mesin kembali dan berubah menjadi butiran putih.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "Pabrik beras dari plastik"

"Beras palsu"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"PABRIK BERAS PALSU..😳😳

Buatan dari plastik?"

Benarkah klaim video pabrik beras palsu dari plastik? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

3 dari 4 halaman

Video Beras Palsu Asal China Beredar di Indonesia

Beredar di media sosial video pesan berantai yang menyebut adanya peredaran beras palsu asal China di Indonesia. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 31 Agustus 2023.

Berikut isi postingannya:

"WARNING...!!! WOW..., TERNYATA PRODUKSI BERAS SINTETIS/BERAS PALSU/BERAS PLASTIC ASAL RRC CINA KOMUNIS SUDAH MULAI DI DISTRIBUSIKAN KE SELURUH WILAYAH INDONESIA..., INI TERULANG KEMBALI TERJADI KARENA TARGETNYA MAU MEMBUNUH MASSAL PERLAHAN, TAPI PASTI' SELURUH RAKYAT INDONESIA DENGAN CARA GENOSIDA PADA BAHAN-² MAKANAN POKOK KEBUTUHAN SEHARI-HARI KITA RAKYAT INDONESIA* WASPADA...!!! BILA MASIH ADA DIDALAM HATI & DIRI ANDA JIWA' PATRIOTISME CINTAI NKRI/ JIHAD FISABILILLAAH VIRALKAN VIDEO INI KE SELURUH PELOSOK NEGERI..."

Postingan itu disertai video seorang TNI sedang mempertanyakan keaslian beras di sebuah warung makan.

Lalu benarkah video pesan berantai yang menyebut adanya peredaran beras palsu asal China di Indonesia? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini