Sukses

Video Hoaks Terkini yang Sedang Beredar, Cek di Sini Biar Tak Tersesat

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah video hoaks

Liputan6.com, Jakarta- Video hoaks kerap dijumpai di media sosial namun terkadang sulit dideteksi, sebab informasi yang disajikan menyerupai asli.

Kondisi ini menuntut kita untuk lebih waspada ketika mendapat informasi berupa video, cara mudah mengetahui video hoaks yang sedang beredar adalah dengan mengunjungi hasil penelesuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah video hoaks, berikut daftarnya.

Video Orang Loncat dari Jembatan Layang Grogol Jakarta

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video seorang loncat dari jembatan layang Grogol Jakarta, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 November 2023.

Klaim video seorang loncat dari jembatan layang Grogol Jakarta menampilkan seorang lelaki mengenakan baju oranye berjalan di pinggi sebuah jembatan layang kemudian menaiki pembatas jalan kemudian melompat ke jalan yang berada di bawah.

Dalam video tersebut terdengar suara seorang menggunakan bahasa asing, aksi tersebut pun mendapat perhatian pengendara motor dan mobil yang melintas.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Bunuh diri-Loncat dari Fly over depan Citra Land - Grogol Jakbar"

Benarkah klaim video seorang loncat dari jembatan layang Grogol Jakarta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Kecelakaan Kapal di Padangbai

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kecelakaan kapal di Padangbai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 November 2023.

Informasi kecelakaan kapal di Padangbai menampilkan sebuah kapal laut dengan kondisi miring dan sebagian badan kapal sudah tenggelam pada kapal tersebut terdapat tulisan "BLUE LAGON ISLAND" , di sekitar kapal tersebut pun terlihat sejumlah orang mengenakan pelampung terapung di perairan dan juga ada yang masih di atas kapal sedang loncat ke air.

Dalam video terdapat tulisan "Kecelakaan Kapal di Padangbai hari ini"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut "Padang bai".

Benarkah klaim video kecelakaan kapal di Padangbai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

3 dari 4 halaman

Video Pesawat Sebarkan Nyamuk Bionik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pesawat menyebarkan nyamuk bionik , informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 November 2023.

Klaim video penyebaran nyamuk bionik dengan pesawat menampilkan tiga buah pesawat yang sedang terbang di langit, kemudian mengeluarkan benda gelap berbentu garis hitam tebal.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Penyebaran nyamuk.bionic di Alabama,USA..ngeri.😭😭"

Benarkah klaim video penyebaran nyamuk bionik dengan pesawat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini