Sukses

Kapal Tenggelam Dijadikan Bahan Hoaks, Simak Kumpulannya

Kumpulan hoaks seputar kapal tenggelam hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks terkait kapal tenggelam kerap bermunculan di media sosial, informasi palsu tersebut disajikan dengan beragam kemasan agar dipercaya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks seputar kapal tenggelam, setelah melakukan penelusuran pada informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar kapal tenggelam hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Video Kecelakaan Kapal di Padangbai

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kecelakaan kapal di Padangbai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 November 2023.

Informasi kecelakaan kapal di Padangbai menampilkan sebuah kapal laut dengan kondisi miring dan sebagian badan kapal sudah tenggelam pada kapal tersebut terdapat tulisan "BLUE LAGON ISLAND" , di sekitar kapal tersebut pun terlihat sejumlah orang mengenakan pelampung terapung di perairan dan juga ada yang masih di atas kapal sedang loncat ke air.

Dalam video terdapat tulisan "Kecelakaan Kapal di Padangbai hari ini"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut "Padang bai".

Benarkah klaim video kecelakaan kapal di Padangbai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Peristiwa Kapal Penyeberangan Banyuwangi-Bali Tenggelam

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video peristiwa kapal penyeberangan Banyuwangi-Bali tenggelam, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Juli 2023.

Klaim video peristiwa kapal penyeberangan Banyuwangi-Bali tenggelam menampilkan sejumlah orang sedang mengenakan pelapung berada di anjungan kapal yang terihat miring di tengah deburan ombak, dalam video tersebut terlihat ibu yang sedang menggendong anaknya sedang bertahan agar tidak jatuh dan mobil.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Entah kapan iniKejadian hari ini Penyebrangan Banyuwangi-Bali😭"

Benarkah klaim video peristiwa kapal penyeberangan Banyuwangi-Bali tenggelam? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

 

3 dari 4 halaman

The Simpsons Prediksi Tenggelamnya Kapal Selam Titan

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Juni 2023.

Dalam postingan itu terdapat potongan gambar akun The Simpson yang menampilkan Homer Simpsons sedang menuju ke bangkai kapal laut lalu terjebak dan oksigennya habis. Postingan itu disertai narasi:

"The Simpsons benar-benar meramalkan insiden kapal selam titanic

Wow... Prediksi The Simpson memukul lagi

Sebuah benang pendek"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan? Simak hasil penelusurannya di sini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini