Sukses

Hoaks Kondisi Israel Terkini di Tengah Konflik

Berikut kumpulan hoaks seputar kondisi terkini Israel

Liputan6.com, Jakarta - Beredar informasi terkait dengan kondisi Israel di tengah agresi ke Palestina, namun setelah Cek Fakta Liputan6.com telusuri sebagian kabar tersebut terbukti hoaks.

Keberadaan hoaks seputar kondisi Israel tersebut harus dihindari sebab dapat menimbulkan persepsi yang salah, untuk menghindarinya bisa dengan mengenali ragam hoaks yang beredar.

Berikut kumpulan hoaks seputar kondisi terkini Israel.

Video Kondisi Terkini Kota Israel Memerah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kondisi terkini Kota Israel memerah, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Oktober 2023.

Klaim video kondisi terkini Kota Israel memerah menampilkan sejumlah bangunan sebagian bertingkat dengan nuansa berwarna merah disertai asap dan percikan api di udara.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"TERLIHAT DARI VIDEO YANG DIUNGGAH OLEH AKUN @ JARIDUA PADA TANGGAL 11/10/2023 YANG MEMPERLIHATKAN KONDISI TERKINI KOTA ISRAEL YANG DISERANG OLEH KELOMPOK HAMAS DARI PALESTINA. TERLIHAT PENUH DENGAN KOBARAN API YANG SANGAT MERAH SAMPAI SELURUH KOTA"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kondisi terkini keadaan kota Israel memerah bak api neraka"

Benarkah klaim video kondisi terkini Kota Israel memerah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Badai Petir di Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video badai petir di Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Oktober 2023.

Unggahan klaim video badai petir di Israel menampilkan langit mendung dengan awan kelabu yang menggulung kemudian terlihat derasnya air yang turun dari langit. Kemudian dilanjutkan dengan tamoilan suasan pemukiman yang juga diguyur air.

Dalam video tersebut terdapat tulisan

"Israel Today

17 October 2023

Badai di Israel

Mengerikan !

Badai serta Petir di Israel"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Badai petir di Isr4hell"

Benarkah klaim video badai petir di Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.....

3 dari 4 halaman

Video Kota Israel Tel Aviv Menjadi Lautan Api

Beredar di media sosial postingan video yang diklaim kota Israel, Tel Aviv telah menjadi lautan api. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Oktober 2023.

Dalam videonya terdapat pemandangan gedung-gedung dengan asap merah. Video itu disertai narasi "Israel live OMG".

Postingan itu juga disertai narasi:

"Yang tersisa dari perang hanyalah kehancuran.. NEGARA ISRAEL SAAT SEKARANG INI ,, IBU KOTANYA TEL AVIV JADI LAUTAN API , BALASAN Dari Pasukan Jihad HAMAS, Berhubung Ribuan Korban Rakyat Palestina Kemarin MaLem di Tembakin Dari Pesawat MiLiter IsraeL Menggunakan Senjata Kimia. Pasukan Jihad Hamas BaLes dengan RudaL Pakai Api. Kota2 di Negara IsraeL Saat ini Jadi Lautan Api."

Lalu benarkah postingan video yang diklaim kota Israel, Tel Aviv telah menjadi lautan api? Simak hasil penelusurannya di sini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini