Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Luhut Binsar Pandjaitan Sekarat

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat. Kabar tersebut diunggah akun Facebook, pada 13 Oktober 2023.

Klaim foto Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat menampilkan seorang berbaju putih sedang mengenakan alat bantu perpapasan dengan latar belakang grafik hijau dan terlihat dua tangan didekat orang tersebut.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Infomasi terkini Kabar gembira kondisi sekarang kejet 2 bahwa sekarat tu ada Siapa yang bilang itu editan?, banyak² lah berdo'a kepada Alloh...", Masyarakat rempang sujud syukur Rencana BULDUSER di hentikan sejenak Callo tanah satu persatu akan di tikam lehernya oleh rakyat nya sendiri

LPB Sekarang Lagi Sekarat di Rumah Sakit Singapore ,: Luhut Binsar Panjaitan , Kaget' Sewaktu di PerLihatkan Videonya Anies Baswedan Gerak JaLan Santai Hari Minggu Kemaren Tgl. 8 Oktober 2023.fi Jakarta , Dan Polling Anies Baswedan Tertinggi 91%.

☝️ 🥥⚽⚽🤲Di NTT aje Masyarakat nya Pada Mendukung Anies Baswedan , Padahal Gubernurnya , Eskodat dari PDI-P , Gubernur NTT , ESKODAT ,

Mundurkan diri Jadi Gubernur NTT."

Benarkah klaim foto Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat, dengan menjadikan foto tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

<p>Penelusuran menelusuri penelusuran klaim foto Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Hillbilly Holocaust: Unvaccinated Americans are catching COVID-19 and telling doctors they’re ‘shocked’ the virus is real" yang dimuat situs veteranstoday.com, pada 9 Juli 2021.

 

 

<p>Penelusuran klaim foto Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat</p>

 

Situs tersebut mengunggah foto yang identik dengan klaim, adapun kesamaan dengan foto klaim meliputi komposisi foto latarbelakang objek foto, dua tangan yang ada di dalam foto tersebut. Namun wajah objek dalam foto tersebut berbeda dengan klaim

Foto yang identik dengan klaim tersebut juga dimuat dalam artikel berjudul "Weary Medical Staff + More Patients = Looming Ohio Healthcare Crisis" yang dimuat situs statenews.org, pada 23 September 2021. Dalam unggahan foto tersebut terdapat keterangan sumber foto berasal dari Halfpoint/ Shutterstock.

 

<p>Penelusuran klaim foto Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat</p>

Penelusuran dilanjutkan dengan memastikan waktu Luhut mulai dikabarkan sakit, artikel berjudul "Menko Luhut Binsar Panjaitan Dikabarkan Sakit, Begini Kondisinya Sekarang" yang dimuat liputan6.com, pada 6 Oktober 2023 menyebutkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dikabarkan sakit. Hal ini juga dikonfirmasi Kemenko Marves melalui jubirnya, Jodi Mahardi.

Jodi mengatakan Menko Luhut saat ini dalam kondisi baik meski diminta untuk beristirahat total sebagaimana anjuran dokter. Namun dia membantah Luhut dilarikan ke Rumah Sakit (RS) di Singapura.

"Kami ingin menginformasikan bahwa saat ini Pak Luhut berada dalam kondisi yang baik dan berada di Jakarta. Berdasarkan anjuran dokter, beliau diminta untuk melakukan bedrest guna mempercepat pemulihan kesehatannya," katanya, seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Jumat malam (6/10/2023).

 

Sumber:

https://veteranstoday.com/2021/07/09/hillbilly-holocaust-unvaccinated-americans-are-catching-covid-19-and-telling-doctors-theyre-shocked-the-virus-is-real/

 https://www.statenews.org/health/2021-09-23/exhausted-medical-workers-an-increasing-number-of-patients-a-looming-health-care-crisis-in-ohio

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Menko Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat tidak benar.

Foto tersebut hasil editan dengan mengganti objek wajah orang yang ada di foto dan foto juga sudah digunakan sebelum Luhut sakit.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.