Sukses

3 Hoaks Terkait AI, dari Istri Robot hingga Kitab Suci

Waspada Hoaks, berikut kebohongan terkait AI.

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sedang menjadi perhatian, sebab digadang dapat menggantikan peran manusia dalam mengerjakan sejumlah aktivitas.

Keberadaan AI pun tidak luput dari sasaran hoaks, sejumlah informasi bohong pun mengaitkan dengan teknologi tersebut. Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com telah mendapati sejumlah hoaks terkait dengan AI, mulai dari kitab suci hingga robot istri.

Berikut kumpulan hoaks terkait teknologi AI:

WEF Perintahkan Tulis Ulang Alkitab Gunakan AI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) perintahkan Alkitab ditulis ulang menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Klaim WEF perintahkan Alkitab ditulis ulang menggunakan AI berupa tulisan sebagai berikut.

"WEF Perintahkan Pemerintah Untuk MELARANG Alkitab dan menerbitkan Versi 'Fact-checked' Tanpa Tuhan

Forum Ekonomi Dunia telah meminta kitab suci agama untuk "ditulis ulang" oleh kecerdasan buatan untuk menciptakan "Alkitab baru yang global."

Yuval Noah Harari, yang menjabat sebagai tangan kanan Klaus Schwab di WEF, berpendapat bahwa Alkitab adalah "berita palsu" dan penuh dengan ujaran kebencian, dan para elit dapat menggunakan Al untuk menggantikan Alkitab dan menciptakan "agama bersatu yg sebenarnya benar.

---

Klub "Mata Hitam"Meskipun tidak secara resmi merupakan organisasi, ini mengacu pada semakin banyak politisi, selebriti, elit bisnis dan kepala negara yang secara tiba² dan misterius mengembangkan mata hitam.

Ini adalah apa yang dilakukan 1% orang super kaya ketika ditinju di wajah?..

---

Replika 🐍 sudah ada di antara kita, dan setiap hari semakin banyak...Mereka muncul entah dari mana, tiba², tanpa diduga.Mereka menunjukkan lidah mereka - simbolisme tersembunyi untuk menandai wilayah mereka. Segera Anda akan melihat mereka di mana-mana...

https://www.bitchute.com/video/XChXVr7n73DC/"

Benarkah Klaim WEF perintahkan Alkitab ditulis ulang menggunakan AI? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Robot Istri yang Sedang Dibuat Elon Musk

 

Penelusuran klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri,

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 Mei 2023.

Unggahan klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri menampilkan rangkaian foto Elon Musk berasama dengan sosok berkepala wanita berambut panjang berbadan robot.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Elon Musk sedang membuat robot istri dan sudah dalam tahap final....Ada yang mau ? lumayan...istri penurut,tidak banyak menuntut dan dijamin tidak.bakal selingkuh 🙂"

Benarkah klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

3 dari 4 halaman

Covid-19 Singkatan dari Certification of Vaccination Identification Artificial Intelligence

Beredar kembali postingan terkait kepanjangan dari nama covid-19. Postingan itu ramai dibagikan beberapa waktu lalu.

Salah satu akun yang mempostingnya adalah akun bernama Mike Mike. Dia mengunggahnya di Facebook pada 12 Mei 2021.

Dalam postingannya terdapat gambar dengan tulisan:

"The new world order loves hiding in plain sight. Can you decode the message? Covid-19

One step closer to control humanity"

atau dalam bahasa Indonesia

"Tatanan dunia baru suka bersembunyi di depan mata. Bisakah Anda memecahkan kode pesannya? Covid-19

Satu langkah lebih dekat untuk mengendalikan kemanusiaan"

Selain itu ia juga menambahkan narasi:

"Certification of vaccination identification 1=A 9=i.... Ai = Artificial Intelligence. Pretty basic brake down"

Lalu benarkah postingan yang menyebut covid-19 singkatan dari "Certification of vaccination identification 1=A 9=i.... Ai = Artificial Intelligence"? Simak Penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini