Sukses

Jangan Tertipu, Berikut Foto Hoaks Terkini yang Beredar di Medsos

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks yang beredar di media sosial dan aplikasi disajikan dalam berbagai kemasan, salah satunya dalam bentuk foto.

Foto hoaks terkadang sulit dikenali sehingga perlu menggunakan cara khusus untuk membedakannya, selain itu juga bisa dengan memantau hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

Berikut kumpulan foto hoaks terkini hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Foto Pemuda China Jadi PNS di Indonesia

Ā 

Penelusuran klaim foto pemuda China jadi PNS di Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto pemuda China jadi PNS di Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Mei 2023.

Unggahan klaim foto pemuda China jadi PNS di Indonesia menampilkan seorang lelaki sedang mengenakan baju coklat terdapat lambang di lengan sebelah kiri dan dada sebelah kiri.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"šŸ‘† *PARA PEMUDA CINA AKAN MEMBANJIRI PEGAWAI NEGERI, TNI DAN POLRI ...

ANAK CUCU PRIBUMI INDONESIA SIAP - SIAP BERSAING DENGAN PARA PEMUDA CINA ... EKSODUS BESAR - BESARAN RAKYAT CINA RRC MASUK KE INDONESIA AKAN BERDAMPAK BERTAMBAHNYA POPULASI ETNIS CINA DI INDONESIA...

PERTAMBAHAN ETNIS CINA DI INDONESIA BUKAN CUMA FAKTOR BIOLOGIS CINA LOKAL TAPI MEREKA JUGA MENAMBAH POPULASI DENGAN CARA IMPORT SESAMA CINA DARI DARATAN CINA RRC,..

KALO JUMLAH POPULASI ORANG ETNIS CINA INDONESIA SETARA DENGAN JUMLAH POPULASI PRIBUMI INDONESIA, JANGAN HARAPKAN PRIBUMI DAPAT TEMPAT STRATEGIS DI LINI - LINI PEMERINTAHAN INDONESIA...

DI MASA DEPAN NEGARA INI AKAN DI KELOLA OLEH PARA ETNIS CINA LOKAL DAN CINA - CINA RRC...

SIAP - SIAP SAJA WAHAI PRIBUMI INDONESIA, NEGARA KITA DIAMBIL ALIH BANGSA LAIN... KARENA YANG DI PEMERINTAHAN INDONESIA, MENJUAL MURAH REPUBLIK INI... PELAN TAPI PASTI, SISTEMATIS, HALUS DAN SANGAT LEMBUT, NEGERI KITA AKAN DIAMBIL ALIH TANPA PEPERANGAN FRONTAL, TAPI DENGAN CARA MENGUASAI KONSTITUSI.* āœŠšŸ˜”šŸ‡®šŸ‡©"

Benarkah klaim foto pemuda China jadi PNS di Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

Ā 

Ā 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Foto Presiden Jokowi Sedang Memegang Gambar Wajah Anies Baswedan

Ā <p>Cek Fakta Presiden Jokowi memegang gambar Anies Baswedan</p>

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi sedang memegang gambar wajah Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 24 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang memegang foto Anies Baswedan dengan tulisan perubahan Indonesia. Foto itu disertai narasi;

"Kaulah yg pantas jadi RI-1"

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi sedang memegang gambar wajah Anies Baswedan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikutĀ ini.....

3 dari 4 halaman

Foto Lionel Messi Sedang Memegang Dus Mie Instan

<p>Cek Fakta foto Lionel Messi memegang dus mie instan</p>

Beredar di media sosial postingan foto Lionel Messi sedang memegang kardus mie instan. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Cristiano Ronaldo sedang memegang trofi. Sementara Lionel Messi sedang memegang dus mie instan.

Foto itu disertai narasi:

Liga Arab: 25 gol, 2 hattrick, 1 quattrick, 1 trofi, 1 top skor LCA.

Liga GTA: 8 gol, 0 hattrick, 0 quattrick, 0 trofi

Akun itu juga menambahkan narasi: "Ngomong ngomong, kenapa harus se-fakta ini?? Senyata ini?? Sesungguh ini???"

Lalu benarkah postingan foto Lionel Messi sedang memegang kardus mie instan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat KanalĀ Cek Fakta Liputan6.comĀ pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018,Ā Cek Fakta Liputan6.comĀ bergabung dalamĀ International Fact Checking Network (IFCN)Ā dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatifĀ cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautanĀ berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini