Sukses

Waspada Akun Facebook Catut Nama Tokoh dan Perusahaan untuk Sebar Hoaks, Simak Daftarnya

Berikut daftar akun Facebook mencatut nama tokoh dan perusahaan untuk menyebar hoaks

Liputan6.com, Jakarta- Penyebar hoaks melakukan apa saja untuk meyakinkan berbagai pihak, salah satunya membuat akun Facebook dengan mencantut nama besar baik nama tokoh hingga perusahaan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah akun Facebook mencatut nama tokoh hingga perusahaan besar untuk menyebar hoaks pembagian hadiah hingga pengobatan penyakit.

Berikut daftar akun Facebook mencatut nama tokoh dan perusahaan untuk menyebar hoaks.

Jusuf Hamka Bagikan Uang Puluhan Juta Hanya dengan Ikuti Akun Facebooknya

Beredar di media sosial postingan Jusuf Hamka membagikan uang hingga puluhan juta hanya dengan mengikuti akun Facebooknya. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu bernama Jusuf Hamka Real dan mempostingnya pada 15 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Buat yang butuh baba transfer sekarang

renovasi rumah: 50 jt,

biyaya sekolah: 20 jt,

modalusaha: 35 jt,

lunasin uttang: 15 jt.

Caranya cukup follow saja."

Hingga saat ini postingan tersebut telah ditonton lebih dari 66 ribu kali dan mendapat 2.600 likes dan komentar. Lalu benarkah postingan Jusuf Hamka membagikan uang hingga puluhan juta hanya dengan mengikuti akun Facebooknya? Simak hasil penelusurannya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akun Facebook Dokter Terawan Sebut Temukan Metode Penyembuhan Penyakit Mata dalam 7 Hari

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim akun Facebook Dokter Terawan Agus Putranto menemukan metode penyembuhan penyakit mata dalam 7 hari. Informasi tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook, pada 4 Mei 2023.

Unggahan klaim akun Facebook Dokter Terawan Agus Putranto menemukan metode penyembuhan penyakit mata dalam 7 hari bernama "Dr. Terawan Agus Putranto" dengan foto profil Dokter Terawan yang mengunggah tangkapan layar menampilkan pembawa berita salah satu stasiun televisi dan terdapat foto Dokter Terawan.

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"METRO SIANG

Berita: Terobosan sembuhkan penyakit mata tanpa operasi, cukup dilakukan di rumah dalam waktu 7 hari.

hanya dalam 7 hari, mata Anda akan pulih sepenuhnya."

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"👁️ Dokter Terawan telah menemukan metode penyembuhan penyakit mata dalam waktu 7 hari."

Benarkah klaim akun Facebook Dokter Terawan Agus Putranto menemukan metode penyembuhan penyakit mata dalam 7 hari? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini...

 

 

3 dari 4 halaman

Alfamart Bagikan Tas Hadiah Khusus Sambut Natal 2022 Lewat Akun Facebook

Kabar tentang Alfamart membagikan tas hadiah khusus untuk menyambut Natal 2022 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut Alfamart, yakni Alfagift Fans.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Alfamart tengah membagikan tas hadiah khusus dalam menyambut Natal 2022.

Masyarakat yang ingin mendapatkan tas tersebut diminta untuk menulis "Selamat Natal" di kolom komentar postingan tersebut.

"Untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, kami akan mengirimkan tas hadiah khusus untuk semua orang yang menulis "Selamat Natal" di HALAMAN kami. (Kunjungi halaman kami dan dapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah)," tulis akun Facebook Alfagift.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3.200 kali dibagikan dan mendapat 2.600 komentar dari warganet.

Benarkah Alfamart membagikan tas hadiah khusus untuk menyambut Natal 2022 lewat akun Facebook? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini