Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Jalan di Indonesia Mendidih Akibat Cuaca Panas

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas,

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas, informasi tersebut diunggah pada 13 Mei 2023.

Klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas menampilkan seorang memegang kamera sedang merekam jalan dengan aspal yang mengeluarkan asap dan buih air.

Dalam video tersebut terlihat kemacetan kendaraan dan beberapa orang yang sedang melihat peristiwa aspal yang mengeluarkan asap dan buih air pada beberapa titik.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Merebus air aspal di jalan raya di indonesia. Cuaca yang sangat panas."

Benarkah klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas, dengan menangkap layar klaim video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Images.

Penelusuran mengarah pada sejumlah unggahan salah satunya akun Twitter @WayneTechSPFX.

 

<p>Penelusuran klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas</p>

Akun Twitter tersebut mengunggah video yang identik dengan klaim, video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Earth. Tunnels. Underground intel:

Targets:

#Veracruz | #Mexico

Veracruz city officials and residents are reporting that hot water or some type of liquid bubbling up inside the streets.".

 

Penelusuran Dilanjutkan

Keterangan tersebut dijadikan petunjuk untuk melanjutkan penelusuran menggunakan Google Search dengan kata kunci 'the hot street of the city of Veracruz'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Fact Check: Video From Ecuador Fictitiously Shared As Impact Of An Active Volcano Near Mexico City" yang dimuat situs newsmobile.in, pada 30 Mei 2023.

Situs newsmobile.in menyeburkan peristiwa dalam video tersebut menunjukkan kerusakan jembatan layang Pedro Menéndez Gilbert yang berlokasi di Guayaquil, Ekuador, disebabkan kebakaran sebuah gudang yang terletak di bawah jembatan, pada terjadi pada 27 April 2023.

Video tersebut berasal dari Ecuavisa, sebuah saluran berita Ekuador, meliput acara tersebut dan menampilkan cuplikan air mendidih yang serupa, yang diambil dari perspektif berbeda.

 

 

Sumber:

https://newsmobile.in/articles/2023/05/30/fact-check-video-from-ecuador-shared-as-el-popo-volcano-causing-street-water-to-boil-in-mexico/

https://twitter.com/ecuadorprensaec/status/1651609137480859651?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1651609137480859651%7Ctwgr%5E26e4a49c96a42fecc9daad45447e6bf69c710320%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fnewsmobile.in%2Farticles%2F2023%2F05%2F30%2Ffact-check-video-from-ecuador-shared-as-el-popo-volcano-causing-street-water-to-boil-in-mexico%2F

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas tidak benar.

Peristiwa dalam video tersebut menunjukkan kerusakan jembatan layang Pedro Menéndez Gilbert yang berlokasi di Guayaquil, Ekuador, disebabkan kebakaran sebuah gudang yang terletak di bawah jembatan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.