Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Klaim RS Pelni Jakarta Penuh Pasien Covid-19

Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim RS Pelni Jakarta penuh dengan pasien covid-19. Pesan berantai itu beredar sejak tengah pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim RS Pelni Jakarta penuh dengan pasien covid-19. Pesan berantai itu beredar sejak tengah pekan ini.

Dalam pesan berantai yang banyak beredar di Whatsapp tersebut terdapat gambar sejumlah orang menggunakan masker sedang terbaring di ranjang RS.

Pesan berantai itu disertai narasi:

"Rmh sakit pelni jkt saat ini penuh pasien covid"

Lalu benarkah pesan berantai yang mengklaim RS Pelni Jakarta penuh dengan pasien covid-19?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun resmi RS Pelni Jakarta di Instagram, @rspelni. Di sana terdapat bantahan terkait pesan berantai yang beredar.

"Sehubungan dengan info yang beredar di Whatsapp grup perihal IGD RS Pelni yang penuh oleh pasien Covid, dengan ini kami klarifikasi bahwa info tersebut adalah hoaks dan tidak benar," bunyi pernyataan manajemen RS Pelni.

Mereka juga menambahkan bahwa operasional rumah sakit berjalan normal.

"Seluruh pelayanan termasuk IGD RS berjalan dengan normal sebagaimana mestinya. Demikian klarifikasi yang kami berikan agar tidak membingungkan publik, terima kasih."

<p>Cek Fakta Pelni</p>

Sumber:

https://www.instagram.com/stories/rspelni/3074600529586713435/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang mengklaim RS Pelni Jakarta penuh dengan pasien covid-19 adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini