Sukses

Cek Fakta: Video Penculikan Anak Dibius dan Dimasukkan ke Karung Ini Bukan di Wisma Asri Bekasi

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penculikan anak dibius kemudian dimasukkan ke karung di Wisma Asri Bekasi. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim video penculikan anak dibius kemudian dimasukan kekarung di Wisma Asri Bekasi berupa rekaman CCTV, yang menampilkan seorang anak sedang berada di teras rumah kemudian seorang masuk halaman rumah tersebut dan membekap sang anak dan mengeluarkan karung putih.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"kejadian di perumahan wisma asri bekasi.Ga segan2 masuk ke dalam teras rumah, anak di bius dan dimasukkan ke karung (terekam cctv)tetap waspada"

Benarkah klaim video penculikan anak dibius kemudian dimasukkan ke karung di Wisma Asri Bekasi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penculikan anak dibius kemudian dimasukkan ke karung di Wisma Asri Bekasi, dengan menghubungi pihak Kepolisian. 

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Polisi Hengki mengatakan klaim video penculikan anak dibius kemudian dimasukkan ke karung di Wisma Asri Bekasi hoaks.

"Itu hoaks mas," kata Hengki saat berbincang dengan Liputan6.com, dikutip Selasa (31/1/2023).

Menurut Hengki peristiwa dalam video tersebut terjadi pada 2020 dan bukan di wilayah Bekasi Kota.

"Kejadian 2020 bukan di Bekasi Kota," tuturnya.

Penelusuran dilanjutkan dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

 <p>Penelusuran klaim video penculikan anak dibius kemudian dimasukan kekarung di Wisma Asri Bekasi</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Waspada! Bocah Duculik saat Main di Teras, Dibius dan Dimasukkan Karung" yang dimuat situs suara.com, pada 22 Oktober 2020.

Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim, dan mengulas tentang penculikan anak yang sedang beredar di teras dengan dibius dan dimasukkan ke karung. Namun tidak disebutkan lokasi kejadiannya.

 

<p>Penelusuran klaim video penculikan anak dibius kemudian dimasukan kekarung di Wisma Asri Bekasi</p>

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video penculikan anak dibius kemudian dimasukkan ke karung di Wisma Asri Bekasi tidak benar.

Peristiwa dalam video tersebut terjadi pada 2020 bukan di Wisma Asri Bekasi.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.