Sukses

Kumpulan Hoaks Pembagian Mobil Mewah, Jangan Mudah Tergiur

Hoaks terkait penipuan kerap muncul di media sosial seperti Facebook. Biasanya hoaks ini menjanjikan hadiah menarik seperti mobil mewah dengan cara yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait penipuan kerap muncul di media sosial seperti Facebook. Biasanya hoaks ini menjanjikan hadiah menarik seperti mobil mewah dengan cara yang mudah.

Lalu apa saja hoaks yang menjanjikan mobil mewah? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Honda Civic Dibagikan Secara Acak Hanya Dengan Ketik Kata Selesai di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang menyebut ada pembagian mobil Honda Civic secara acak hanya dengan mengetikkan kata tertentu di Facebook. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 6 Januari 2023.

Berikut isi postingannya:

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan menyumbangkan 300 Mobil Honda civic yang tidak dapat dijual karena goresan ringan dan kerusakan ringan, semua Mobil dalam kondisi baik sehingga kami akan mengirim secara acak kepada seseorang yang menulis "Selesai."

Lalu benarkah postingan yang menyebut ada pembagian mobil Honda Civic secara acak hanya dengan mengetikkan kata tertentu di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Penawaran Hadiah Mobil Alphard di Facebook dalam Rangka Tahun Baru 2023

Kabar tentang penawaran hadiah mobil mewah Toyota Alphard dalam rangka menyambut tahun baru 2023 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Toyota Alphard Fans Club pada 30 Desember 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi bahwa ada pembagian hadiah mobil Alphard kepada warganet.

Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk menuliskan warna mobil favorit di kolom komentar postingan tersebut.

"Halo semuanya...kami telah memutuskan dalam rangka menyambut tahun baru 2023, Kami akan memberikan 23 Mobil Toyota Alphard gratis kepada seseorang secara acak yang berhasil mengetik warna favorite contoh "Putih" sebelum tanggal 05 Januari 2023 semoga beruntung," tulis akun Facebook Toyota Alphard Fans Club.

Setelah menulis warna favorit di kolom komentar, warganet diminta untuk mengklik tombol biru bertuliskan "Hubungi Kami" di bagian atas halaman Facebook.

"Silahkan periksa informasi validasi anda, Caranya klik tombol berwarna biru "Hubungi kami" di bagian atas halaman kami. semoga beruntung😊," tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2 ribu kali dibagikan dan mendapat 288 ribu komentar dari warganet.

Benarkah ada penawaran hadiah mobil Alphard dalam rangka menyambut tahun baru 2023? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Mitsubishi Pajero Dibagikan Gratis Hanya Dengan Ketik Kata Menang di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang menyebut dua mobil Mitsubishi Pajero dibagikan gratis hanya dengan mengetikkan kata tertentu di Facebook. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 18 November 2022.

Berikut isi postingannya:

"Selamat kepada Ibu Siti karena memenangkan Mitsubishi Pajero! Kami masih memiliki 2 lagi untuk menang, cukup ketik Menang"

Hingga saat ini postingan tersebut sudah mendapat 307 ribu komentar dan dibagikan sebanyak 1800 kali.

Lalu benarkah postingan yang menyebut dua mobil Mitsubishi Pajero dibagikan gratis hanya dengan mengetikkan kata tertentu di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.