Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Rekaman Gol Perdana Cristiano Ronaldo Bersama Al-Nassr

Beredar di media sosial postingan video yang disebut sebagai gol perdana Cristiano Ronaldo bersama Al-Nassr. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang disebut sebagai gol perdana Cristiano Ronaldo bersama Al-Nassr. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 7 Januari 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 1 menit 10 detik dengan narasi "gol pertama ronaldo di al nassr".

Akun itu juga menambahkan narasi "debut pertama criatian ronaldo di al nassr dan gol pertamabCR7"

Lalu benarkah postingan video yang disebut gol perdana Cristiano Ronaldo bersama Al-Nassr?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari AFP Fact Check berjudul "Old clip from 2021 Serie A match falsely shared as showing Ronaldo scoring for Saudi club" yang diunggah pada 9 Januari 2023.

Dalam artikel itu dijelaskan bahwa video yang beredar merupakan video tahun 2021. Saat itu Ronaldo mencetak gol yang akhirnya dianulir dalam laga melawan Udinese, Agustus 2021.

<p>Cek Fakta gol perdana Ronaldo di Al-Nassr.</p>

Video itu diunggah oleh akun resmi Serie A di Youtube pada 23 Agustus 2021. Video itu hingga hari ini telah ditonton oleh 2,7 juta orang.

Laga Udinese melawan Juventus itu sendiri berakhir dengan skor 2-2. Simak video selengkapnya di link berikut ini...

Dilansir dari artikel Liputan6.com berjudul "Usai Pisah dari MU, Kapan Cristiano Ronaldo Debut dengan Al Nassr?" Ronaldo akan menjalani debutnya pada 21 Januari 2023 melawan Ettifaq.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=zpJoEYV-w6Q

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.336N9KT

https://www.liputan6.com/bola/read/5169784/usai-pisah-dari-mu-kapan-cristiano-ronaldo-debut-dengan-al-nassr

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang disebut gol perdana Cristiano Ronaldo bersama Al-Nassr adalah tidak benar. Faktanya video tersebut saat Ronaldo mencetak gol untuk Juventus pada 2021.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.