Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Burung Hantu Norwegia Berwarna Biru

Beredar foto yang diklaim burung hantu Norwegia berwarna biru. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim burung hantu Norwegia berwarna biru beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 3 Desember 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto burung hantu yang hinggap di batang pohong. Bulu dari burung hantu itu didominasi warna biru.

Mata dari burung hantu itu juga berwarna biru, Sementara bulu di dekat paruh berwarna putih dan bulu di kepala belakangnya berwarna kuning. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan burung hantu asal Norwegia.

"The beautiful Norwegian Blue owl," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons oleh warganet.

Benarkah dalam foto tersebut burung hantu berwarna biru dari Norwegia? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim burung hantu Norwegia berwarna biru. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari foto tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Blue Owls Aren't Real, Despite Pictures Shared Online" yang dimuat situs snopes.com pada 2 Desember 2022.

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs snopes.com.</p>

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto burung hantu berwarna biru sempat muncul di berbagai platform media sosial, satu di antaranya Twitter.

Menurut Brittanica.com, burung hantu memiliki warna yang bervariasi. Mulai dari putih, coklat, abu-abu, hingga coklat tua. Namun tidak ada burung hantu berwarna biru dan oranye seperti yang terlihat pada foto tersebut.

Snopes.com mengutip argumen pemeriksa fakta HoaxEye, yang mentwit bahwa gambar burung hantu biru itu kemungkinan dibuat menggunakan teknologi artificial intelligence (AI).

Gambar tersebut terlihat dibuat oleh AI. Salah satunya terlihat dari kurangnya detail pada bagian kaki burung hantu.

Ini bukan pertama kalinya gambar burung hantu berwarna biru beredar di media sosial. Pada 2021 lalu, tim pemeriksa fakta USA Today menyanggah gambar yang disebut sebagai burung hantu biru dari Filipina.

 

Referensi:

https://www.snopes.com/fact-check/are-blue-owls-real/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim burung hantu Norwegia berwarna biru ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.