Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Kondisi Terkini Gempa Garut

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kondisi terkini gempa Garut, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, 3 Desember 2022.

Klaim video kondisi terkini gempa Garut berdurasi 3 menit 16 detik, dalam video tersebut menampilkan sejumlah bangunan runtuh dan orang-orang yang ada di luar ruangan berteriak histeris, juga terlihat ada orang yang sedang digendong.

Dalam video awal yang ditayangkan terdapat tulisan "kondisi saat ini di Garut". Lalu juga terdapat tulisan "Gempa di garut"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kondisi terkini gempa garut #gempagarut"

Benarkah klaim video kondisi terkini gempa Garut? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kondisi terkini gempa Garut, dengan menangkap layar salah satu cuplikan video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim video kondisi terkini gempa Garut</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "UPDATE TERBARU Korban Meninggal Gempa Cianjur Bertambah Jadi 61 Orang" yang dimuat situs banten.tribunnews.com, pada 21 November 2022.

 

<p>Penelusuran klaim video kondisi terkini gempa Garut</p>

Foto yang dimuat dalam artikel situs banten.tribunnews.com identik dengan cuplikan klaim  video kondisi terkini gempa Garut, foto tersebut diberik keterangan sebagai berikut.

"Update terbaru korban meninggal dunia dalam bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Senin (21/11/2022)."

 

Dalam penelusuran berikutnya mengarah pada artikel video berjudul "VIDEO: Banyak Korban Yang Kemungkinan Masih Tertimbun Reruntuhan" yang dimuat situs cnnindonesia.com, situs tersebut menampilkan cuplika video yang identik dengan klaim.

 

<p>Penelusuran klaim video kondisi terkini gempa Garut</p>

 

Artikel situs  cnnindonesia.com memberikan keterangan video sebagai berikut.

"Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa dengan magnitudo 5,6 terjadi di kedalaman 10 kilometer barat daya kabupaten Cianjur pada senin siang hingga pukul 17.00 WIB. Pemkab Cianjur mencatat sebanyak 46 orang meninggal dunia dalam musibah ini."

 

Sumber:

https://banten.tribunnews.com/2022/11/21/update-terbaru-korban-meninggal-gempa-cianjur-bertambah-jadi-61-orang

https://www.cnnindonesia.com/tv/20200907173415-407-543713/video-banyak-korban-yang-kemungkinan-masih-tertimbun-reruntuhan

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kondisi terkini gempa Garut tidak benar.

Video tersebut menampilkan kondisi pasca gempa Cianjur dengan magnitudo 5,6 pada 21 November 2022.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS