Sukses

Untuk Meningkatkan Pemulihan Ekonomi Dibutuhkan Akselerasi Transformasi Digital

 

Liputan6.com, Jakarta - Untuk meningkatkan pemulihan ekonomi nasional diperlukan segala sinergi dan kolaborasi untuk mengakselerasi transformasi digital. Hal itu diungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,  Airlangga Hartarto.

Dalam keterangan resmi yang dikutip dari Antaranews, Airlangga menyebutkan Presidensi G20 Indonesia memperkuat kerja sama antar negara dalam mendukung transformasi digital, sejalan dengan adanya fokus Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 mendatang.

Sekalipun dalam kondisi perekonomian global dan geopolitik yang penuh tantangan, Indonesia mampu menghadirkan kesuksesan dalam penyelenggaraan KTT G20 2022 di Bali yang di Deklarasi Bersama Para Pemimpin G20 atau G20 Bali Leaders’ Declaration.

Dalam mencapai agenda Sustainable Development Goals (SDGs), sebagai kesepakatan pentingnya upaya mempercepat transformasi ekosistem ekonomi digital, G20 Bali Leaders Declaration berisi 52 poin kesepakatan di mana tiga poin di antaranya terkait dengan percepatan transformasi digital.

“Dalam poin ini juga ditegaskan pentingnya data bagi pembangunan, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial,” ujar Airlangga dalam kutipan Antaranews.

Negara-negara G20 sepakat, teknologi digital merupakan kunci untuk pemulihan dan pemberdayaan dalam berbagai sektor. Termasuk dengan pangan dan pertanian yang jauh lebih tangguh, lapangan kerja yang layak dan berkelanjutan, dan industrialisasi yang inklusif.

Gloria Natali/Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS