Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Salat Berjamaah dalam Stadion Saat Piala Dunia Qatar 2022

Beredar video yang diklaim salat berjamaah dalam stadion saat Piala Dunia Qatar 2022. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim sejumlah orang salat dalam stadion saat Piala Dunia Qatar 2022 beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 November 2022.

Video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan sejumlah orang tengah menjalankan salat berjamaah di dalam stadion.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa salat tersebut dilakukan dalam stadion saat gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

"World Cup 2022 Qatar pray," demikian narasi dalam video tersebut.

"World cup 2022…" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.600 kali ditonton dan mendapat 58 kali direspons warganet.

Benarkah dalam video tersebut puluhan orang salat di stadion saat Piala Dunia Qatar 2022? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim sejumlah orang salat dalam stadion saat Piala Dunia Qatar 2022. Penelusuran mula-mula dilakukan dengan menelusuri lokasi dan nama stadion yang ada dalam video.

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "kazan stadium" di kolom pencarian Google Search. Kata "kazan" terlihat jelas pada deretan kursi penonton stadion.

Hasilnya, stadion dalam video tersebut bukan berada di Qatar, melainkan di Kazan, Rusia. Dikutip dari bola.com, Kazan Arena merupakan markas dari salah satu klub sepak bola Rusia, Rubin Kazan. Pembangunan stadion ini dimulai pada Mei 2010 dan berakhir pada awal 2013.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs bola.com.</p>

Penelusuran kemudian dilakukan dengan memasukkan kata kunci "kazan arena pray" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya, video serupa pernah diunggah akun Facebook Wobbler Busters pada Juni 2019. Video tersebut berjudul "Prayers at Kazan Stadium, Tatarstan (May 25th 2019)".

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Akun Facebook Wobbler Busters.</p>

Akun Facebook Wobbler Busters menjelaskan bahwa video tersebut merupakan rangkaian acara buka puasa bersama dan salat berjamaah di Kazan Arena, Rusnia pada 25 Mei 2019. Akun Facebook Wobbler Busters mengklaim acara tersebut dihadiri 15 ribu orang.

 

Referensi:

https://www.bola.com/piala-dunia/read/3526006/stadion-piala-dunia-2018-kazan-arena

https://www.facebook.com/WobblerBusters/videos/1071098589742632/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim sejumlah orang salat dalam stadion saat Piala Dunia Qatar 2022 ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut tidak ada kaitannya dengan Piala Dunia Qatar 2022.

Video tersebut merupakan acara buka puasa bersama dan salat berjamaah di Kazan Arena, Rusia pada Mei 2019 lalu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.