Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kondisi AS Terkena Dampak Resesi dalam Video Ini

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kondisi AS terkena dampak resesi

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kondisi Amerika Serikat atau AS terkena dampak resesi. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 Oktober 2022.

Unggahan klaim video kondisi AS terkena dampak resesi menampilkan situasi tepi jalan terdapat sejumlah orang tergeletak dan ada yang berjalan gontai.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Ini situasi terkini di Amerika serikat Negara super power yg terkena dampak akibat resesi global yg melanda Dunia..coba klu terjadi di Indonesia para Kadrun mngoreng2 tiap hari sambil menari2 teriak2 turunkan Jokowi..😁😁"

Benarkah klaim video kondisi AS terkena dampak resesi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kondisi AS terkena dampak resesi, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penlusuran menggunakan Google Image.

 <p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kondisi AS terkena dampak resesi</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Kensington Ave – Everything You Want To Know About Philadelphia’s Skid Row" yang dimuat situs vanlifewanderer.com.

<p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kondisi AS terkena dampak resesi</p>

Situs vanlifewanderer.com memuat foto yang identik dengan klaim video, artikel tersebut menyebutkan video tersebut merupakan kondisi di Kensington, Philadelphia, Amerika Serikat yang menjadi pasar narkoba. 

Masuknya imigran dan rumah tangga berpenghasilan rendah , banyak dari mereka yang terjerumus menjadi pecandu narkoba.

Dalam artikel tersebut juga memuat video berjudul "Walking Kensington Ave K&A [4K]" yang diunggah akun YouTube Kensington Now, pada 26 Juli 2022. Cuplikn video yang identik ada pada menit ke 3.

 

Sumber:

 

https://vanlifewanderer.com/2022/08/03/kensington-ave-philadelphia/

https://www.youtube.com/watch?v=UJ1Wq7gHSyI&t=2s

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video kondisi AS terkena dampak resesi tidak benar.

Video tersebut menampilkan  kondisi di Kensington, Philadelphia, Amerika Serikat yang menjadi pasar narkoba. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.