Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Balurkan Telur Rebus di Tubuh Bisa Turunkan Demam Anak

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang menyebut membalurkan telur rebus ke tubuh bisa untuk menurunkan demam pada anak. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 30 Oktober 2022.

Dalam postingannya terdapat link yang mengarah pada artikel berjudul "Cara Mengobati Anak Demam, Baby Badan Panas Dengan Telur Rebus"

Artikel itu menyebutkan bahwa telur yang direbus dibalurkan pada kepala, perut, kaki hingga seluruh badan anak yang demam. Artikel itu juga menyebutkan bahwa cara itu merupakan amalan tabib dari Cina.

Lalu benarkah postingan yang menyebut membalurkan telur rebus ke tubuh bisa untuk menurunkan demam pada anak?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan, seperti contohnya "Telur Rebus". Ambil template di bawah artikel ini dan post di Instagram kamu, bukti sudah menggunakan ChatBot untuk Cek Fakta. Menangkan Saldo Digital setiap minggunya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari AFP Fact Check berjudul "Claim that 'rubbing a boiled egg over a child’s body can cure fever' is false: experts" yang tayang 17 Oktober 2022.

Dalam artikel tersebut terdapat penjelasan dari dr Wendy Wong, praktisi pengobatan Cina yang sudah terdaftar sekaligus mantan asisten profesor di Chinese University of Hong Kong. Ia menyebut klaim dalam postingan itu tidak benar.

"Perawatan yang disebut berasal dari Cina adalah tidak benar. Klaimnya juga sama sekali salah dan misleading," ujarnya.

Selain itu terdapat juga penjelasan dari Dr Thurein Hlaing Win, Country Manajer dari website kesehatan Hello Sayarwon di Myanmar.

"Kita hidup di era yang harus ada bukti nyata dan penjelasan logis di balik sebuah klaim. Dan tidak ada bukti ilmiah telur rebus yang dibalurkan bisa menurunkan demam anak," ucapnya.

Penelusuran dilanjutkan dengan membuka website Ikatan Dokter Anak Indonesia. Di sana terdapat penjelasan penanganan demam pada anak.

"Penurunan suhu tubuh dapat dibantu dengan penggunaan obat penurun panas (antipiretik), terapi fisik (nonfarmakologi) seperti istirahat baring, kompres hangat, dan banyak minum," bunyi pernyataan IDAI.

Sumber:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32LD8DZ

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/penanganan- demam-pada-anak

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut membalurkan telur rebus ke tubuh bisa untuk menurunkan demam pada anak adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Ikutan Jadi Pejuang Cek Fakta bareng Ceki Bisa Dapat Hadiah

Sahabat Liputan6 mau dapat hadiah saldo digital setiap minggunya dari Ceki? Saatnya ikutan jadi Pejuang Cek Fakta. Cara ikutannya mudah sekali, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Ketahui apakah berita Mengusap Telur Rebus di Tubuh Bisa Turunkan Demam Anak?

2. Cek kebenaran berita tersebut melalui Whatsapp chatbot di nomor 0811 9787 670 lalu tuliskan kata kunci/keyword "Telur Rebus"

3. Screenshot bukti kamu telah memakai WhatsApp Liputan6.com

4. Ambil template di bawah ini

5. Isi template tersebut dan isi di kotak kosong tangkapan layar kamu memakai WhatsApp Liputan6.com

6. Upload ke Instagram Story dan tag @liputan6 serta 2 temanmu

7. Tuliskan hashtag #CekFaktaBarengCeki & #KuisChatbotLip68. Periode 2: 7 - 13 November 2022. Win the prize! 2 Pemenang mendapat masing-masing Rp 200K setiap minggunya.

Ayo ikutan sebanyak-banyaknya dan semoga kamu beruntung mendapatkan hadiah saldo digital!

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS