Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Penampakan Goblin Bersayap

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim penampakan goblin bersayap beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 13 September 2022.

Foto tersebut memperlihatkan makhluk kecil bersayap mirip serangga. Makhluk tersebut juga punya sayap, kaki, dan tangan berukuran kecil. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan penampakan makhluk bersayap bernama goblin.

"It's an American winged goblin (Angelus mandragora luctus admonum parva américanum), extremely rare! It is not an insect, winged insects have 6 legs! Classified in an indefinable intermediate category, because it is the second specimen discovered! The only known copy was in the possession of the Emperor of China and painted on a silk tapestry, and it was from the features a girl! Here it seems to me that it is a small guy! The spooky species would possess certain powers, including that of dazzling healing and extraordinary intelligence according to the Chinese writings of the tapestry! By Denis Toccaceli! 😲😲😲" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 118 ribu kali dibagikan dan mendapat 13 ribu komentar dari warganet.

Benarkah foto tersebut merupakan penampakan goblin bersayap? Berikut penelusurannya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim penampakan goblin bersayap. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Is ‘American Winged Goblin’ Insect Real?" yang dimuat situs snopes.com pada 19 September 2022.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs snopes.com.</p>

Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa foto yang diklaim sebagai penampakan goblin adalah karya seni dari seniman bernama Jack Wingmaker Overwijn.

Foto itu muncul sebelumnya di akun Facebook Magic Within pada 18 Agustus 2020. Akun Facebook tersebut kerap kali mengunggah foto tentang pekerjaan membuat boneka kecil makhluk hutan dari dongeng yang terlihat seperti goblin, sprite, dan lainnya.

<p>Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Facebook Magic Within.</p>

 

Referensi:

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1112734992689242&set=a.775814386381306&type=3

https://www.snopes.com/fact-check/american-winged-goblin-insect/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim penampakan goblin bersayap ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan karya seni berupa boneka kecil dari seniman Jack Wingmaker Overwijn.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.