Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kabar Jokowi Jenguk Lesti Kejora di Rumah Sakit

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Presiden Jokowi menjenguk penyanyi dangdut Lesti Kejora di rumah sakit beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 Oktober 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto seorang wanita terbaring di ranjang rumah sakit. Wanita itu mengenakan jilbab hitam dan masker.

Dalam foto itu, Jokowi tampak berada di samping ranjang rumah sakit, seolah-olah tengah menjenguk wanita tersebut.

Foto itu juga terdapat narasi bahwa Jokowi tengah berkunjung ke rumah sakit tempat Lesti Kejora dirawat.

"KUNJUNGAN JOKOWI KE RUMAH SAKIT KONDISI LESTI MEMPRIHATINKAN

Presiden Jokowi jenguk Lesti Kejora di rumah sakit tanpa kehadiran Rizky Billar," demikian narasi dalam foto tersebut.

"Akibat kekerasan Aparat Negara menggunakan senjata pengurai masa, Ratusan Orang Meninggal Dunia, Puluhan di antaranya adalah anak-anak dan masih, tragedi menjadi yang kedua terburuk se dunia, seluruh perkumpulan sepakbola memberikan belasungkawa, FIFA turunkan bemdera setengah tiang, dan organisasi HAM mengutuk kekerasan aparat

Kemana presiden RI ?? Jenguk Lesti Kejora Artis dangdut yang sdg kesepian dan cari perhatian dengan ngonten kasus

Waras pak ???!!!" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 1 komentar dari warganet.

Benarkah kabar Jokowi menjenguk penyanyi dangdut Lesti Kejora di rumah sakit? Berikut penelusurannya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Jokowi menjenguk Lesti Kejora di rumah sakit. Penelusuran mula-mula dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat gambar identik pada artikel berjudul "Betrand Peto Terbaring di Kasur Rumah Sakit, Ruben Onsu: 'Mengatasi Grogi Adalah Senyuman', Ada Apa?" yang dimuat situs fame.grid.id pada 15 Februari 2020 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs fame.grid.id.</p>

Bagian latar dari foto tersebut tampak mirip, khususnya pada penempatan ranjang rumah sakit, panel kelistrikan, dan warna dindingnya.

Sementara, liputan6.com juga menemukan foto identik lainnya, yakni sosok Jokowi yang terlihat berada di samping ranjang rumah sakit. Ternyata foto sebenarnya merupakan kunjungan Jokowi ke Stasiun MRT, bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Foto itu ditemukan pada artikel berjudul "Anies Baswedan: Dua Pekan ini Adalah Penentuan" yang dimuat situs bumntrack.co.id yang dimuat pada 27 Mei 2020.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs bumntrack.co.id.</p>

Penelusuran juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci "presiden jokowi jenguk lesti kejora" di kolom pencarian Google Search. Namun tidak ada informasi valid dari media arus utama yang memberitakan informasi tersebut.

Justru sejumlah media arus utama memuat artikel yang menyebut informasi Jokowi menjenguk Lesti Kejora di rumah sakit adalah tidak benar.

 

Referensi:

https://fame.grid.id/read/462026249/test?page=all

https://bumntrack.co.id/anies-baswedan-dua-pekan-ini-adalah-penentuan/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Presiden Jokowi menjenguk penyanyi dangdut Lesti Kejora di rumah sakit ternyata tidak benar. Foto yang diklaim Jokowi menjenguk Lesti merupakan hasil manipulasi digital.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.