Sukses

ASN Harus Cakap Digital untuk Tingkatkan Produktivitas

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (BPSDM Kemendagri) menggelar kegiatan literasi digital bagi aparatur sipil negara (ASN) diselengarakan di Jawa Timur (Jatim).

“Kegiatan literasi digital sektor pemerintahan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dunia digital di kalangan ASN,” Bonifasius Wahyu Pudjianto, Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, menyebut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/8).

Ia juga menambahkan, pelatihan tersebut adalah bentuk kolaborasi antara BPSDM Kemendagri dan Direktorat Pemberdayaan Informatika Kemkominfo. Dia menegaskan kegiatan ini sangat penting untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan ASN di Jatim guna menghadapi perkembangan digital yang sangat pesat.

Bonifasius mengungkapkan, pihaknya sangat berharap lewat kegiatan ini dapat memberikan pencerahan terkait pentingnya mengikuti digitalisasi, pemahaman aplikasi pemerintah dan lainnya. Dalam kegiatan ini juga disampaikan beberapa hal seperti hal teknisi dalam keamanan digital dan kecakapan digital.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak mengatakan, paham tentang literasi digital ini sangat diperlukan di lingkungan ASN guna meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

“Tentunya menjadi sangat penting bahwa literasi digital ini bisa kita matangkan di tangan ASN kita. Kita harus bisa menggunakan aplikasi pemerintah untuk bekerja secara paperless,menemukan balance untuk bisa lebih fleksibel dalam bekerja,” ujarnya.

Emil menambahkan, literasi digital ini bukan hanya sekedar rutinitas, tapi bagaimana ASN bisa lebih mengelolah pekerjaan yang mengunakan beberapa aplikasi berbasis digital  dan hal ini sangat penting dalam membantu mempermudah pekerjaan ASN.

Hinggis Leonanda/Universitas Multimedia Nusantara

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS