Sukses

Deretan Video Hoaks Penampakan UFO, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah video palsu atau hoaks seputar penampakan UFO bermunculan di media sosial. Satu di antaranya video penampakan UFO dari balik awan.

Video tersebut diunggah salah satu akun Facebook Rabu 22 Juli 2020. Akun Facebook tersebut mengunggah empat buah video yang diklaim sebagai penampakan UFO di langit.

Dalam salah satu video, tampak sebuah benda bulat bercahaya muncul dari balik awan. Peristiwa tersebut kemudian diklaim oleh akun Facebook Wiryono Sudianto sebagai penampakan UFO.

"👽👽👽

JΩMβΔΠG

4 Video penampakan UFO.

Ada Shuttle/Personnel Transport Shipnya juga lho.

Ini baru Video/Info Penampakan UFO kelas A1 bukan abal² dan copasan.

Terserah mau dibilang apa. Silakan saja dicek keasliannya. Buat saya ini ASLI UFO.1

Yang Pink Tosca itu Middle Class Transport.

Setidaknya cerita saya kepada beberapa orang dalam waktu 1 bulan terakhir bahwa saya pernah bertemu dan ngobrol langsung dengan Alien dijawab oleh Alien langsung.

CJ RΨΩΠ

ѕтar coммander

👽👽👽," tulis akun Facebook Wiryono Sudianto.

Namun setelah ditelusuri, video yang diklaim sebagai penampakan UFO dari balik awan ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan fenomena irridescene cloud atau dikenal juga sebagai rainbow clouds.

Fenoma itu terjadi ketika sinar matahari terdifraksi dari tetesan air di atmosfer sehingga memberikan penampakan cahaya warna warni mengelilingi cahaya matahari.

Selain penampakan UFO dari balik awan, terdapat video hoaks lain soal penampakan UFO. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 3 halaman

Video UFO Muncul di Tanah Abang

Sebuah video yang diklaim UFO muncul di Tanah Abang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 26 Juli 2022.

Video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan sejumlah warga memenuhi sebuah jalanan. Tak hanya warga, ada juga petugas kepolisian berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Seketika, muncul benda mirip UFO di atas langit. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar UFO muncul di Tanah Abang.

"UFO sudah satu jam lebih berada diatas daerah Tanah Abang," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 396 ribu kali ditonton dan mendapat 845 komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim UFO muncul di Tanah Abang ternyata tidak benar alias hoaks. Video tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.